renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Efesus 2: 8-9

Di sebuah lautan yang luas, ada badai yang sedang bergelora, sebuah kapal harus bertahan ditengah dahsyatnya hembusan angin dan ombak. Di atas kapal yang terancam tenggelam, seorang pria yang lari dari panggilan Tuhan takut akan hidupnya. Kematian sudah ada di depan matanya dan tak terhidarkan, dan itu adalah sebuah konsep yang sangat menyeramkan karena dia hidup tidak benar dihadapan sang penciptanya.

Orang tersebut bukanlah Yunus. Kisah ini terjadi kurang lebih 2500 tahun setelah kejadian Yunus tidak taat pada panggilan Tuhan. Ini terjadi pada tahun 1748 dan orang ini adalah John Newton, seorang pelaut Inggris yang bekerja di kapal perdaganan budak yang sedang membawa para budak dari Brazil ke Newfoundland.

Di umurnya yang ke 22 tahun, Newton hidup dengan gaya hidup yang jahat, tapi sekarang hidupnya dalam bahaya, dan akhirnya dia mengenal Allah yang selama ini dia tolak.

Dia berteriak, “Tuhan, berbelas kasihanlah pada kami” Newton, berubah malam itu. Hati yang keras dan tidak percaya perlahan-lahan mulai dilembutkan. Dia selamat dari badai, dan pada akhirnya dia meninggalkan pekerjaannya sebagai penjual budak dan menjadi seorang pendeta diumur 39 tahun. Dan beberapa tahun setelahnya ia berkhotbah dan menulis lagu tentang Allah yang pernah ia cela.

Amazing grace! How sweet the sound That saved a wretch like me! I once was lost, but now am found; Was blind, but now I see.

Apakah anda pernah mendengar lagu ini sebelumnya? Mungkin anda pernah dan tahu. Lagu Amazing Grace, adalah salah satu lagu hym terpopuler di kalangan orang Kristen yang ditulis oleh mantan penjual budak dan mantan pemberontak Allah.

BACA JUGA:  Renungan Harian Matius 11: 25-30 | Nomor Sedang Sibuk

Apakah artinya?

Anugerah Tuhan memang sangat luar biasa, ajaib, menakjuban, mengherankan, mempesona, berlimpah-limpah. Anugerah Tuhan dapat membuat seorang pemberontak seperti John Newton menjadi salah satu pembela iman yang luar biasa di abad 18. Anugerah Tuhan dapat mengubah anda juga.

Ingat: keselamatan benar-benar dan hanya dilakukan karena anugerah Tuhan – kebaikan yang selayaknya tidak kita terima. Sebagaimana ayat hari ini, keselamatan adalah pemberian atau anugerah. Itu bukan hasil usaha atau pekerjaan kita. Tidak ada yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan keselamatan. Semuanya dimulai dan diakhiri oleh Allah.

Mengapa Tuhan memberikan pertolongan kepada seorang pemberontak? Itu semua karena kasih-Nya yang begitu besar kepada setiap kita. Itu semua Amazing Grace.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Sesekali bacalah biografi yang menarik tentang John Newton atau tontonlah film dengan judul Amazing Grace

Tahukah anda?

Newton pernah menjadi seorang anggota parlemen British yang membantu menghapuskan industri perdangan budak pada tahun 1807.

Leave a Reply

Your email address will not be published.