Renungan Harian Filipi 4:13 (Campur Tangan Tuhan). Tak bisa dipungkiri terkadang kita risih ketika ada I orang, apalagi rekan kerja yang tidak ada sangkut pautnya malah langsung mencampuri urusan kita. Jika Anda mengalami hal ini, Anda jangan dulu kesal. Jika yang ia lakukan berdampak kebaikan untuk kita, kenapa kita tidak terima saja dengan penuh kerendahan hati. Namun jika sebaliknya, jika itu berdampak buruk kita bisa bicara terus terang kepadanya, tentu saja dibarengi dengan tutur kata yang sopan dan kepala dingin.

Campur Tangan Tuhan

Berbeda dengan manusia yang mencampuri urusan sesama, kita justru membutuhkan campur tangan Tuhan dalam kehidupan ini. Tanpa campur tangan-Nya kita tak bisa melakukan apa-apa, dan hal ini dirasakan betul oleh Paulus di dalam pekerjaannya sebagai rasul. Pekerjaannya yang penuh tantangan membuat Paulus sering diperhadapkan dengan keadaan sulit hingga mengancam nyawanya sendiri. Meski begitu, Paulus selalu lolos dari semua keadaan tersebut. Karena itulah, kemudian di dalam suratnya kepada jemaat di Filipi, Paulus menyaksikan bahwa kemampuannya melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai rasul, bukan karena dirinya sendiri melainkan karena campur tangan Tuhan. Dia yang menguatkan dan memampukan Paulus menjalani pe- kerjaannya sebagai pemberita kabar sukacita karena “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku”.

Begitu pun dalam pekerjaan kita sehari-hari. Tantangan dan persoalan pasti akan kita alami. Meski begitu, jangan semua itu membuat kita menyerah atau mengandalkan kekuatan manusia atau diri sendiri. Namun mintalah agar Tuhan senantiasa campur tangan dalam pekerjaan dan seluruh kehidupan kita supaya kita menjadi pemenang atas setiap situasi dan persoalan sehingga nama Tuhan dipermuliakan. (aw)