renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Efesus 1: 13

Hari Pentakosta yang amat luar biasa itu layak direkap : Suatu hari 2000 tahun lalu, para murid dan orang percaya lain berkumpul di Yerusalem. Tiba-tiba, angin besar bertiup melewati ruangan, dan semua orang mulai berbicara dalam bahasa asing yang tidak pernah mereka pelajari sebelumnya. Sementara itu, nyala api muncul di atas kepala orang-orang. Itu adalah hari Yesus mencurahkan Roh Kudus pada orang-orang Kristen pertama!

Terdengar cukup gila, bukan? Tapi itu semua sungguh-sungguh terjadi karena tertulis di dalam Alkitab (Kisah Para Rasul 2: 1-13).

Sangat penting bagi kita untuk percaya bahwa Roh Kudus ada dan mengerti apa yang Ia kerjakan, karena keberadaan-Nya begitu penting di dalam kehidupan orang Kristen. Walau demikian, memahami Roh Kudus tetap saja bukan perkara mudah. Konsep keberadaan sesuatu yang tidak kelihatan dan setara dengan Allah Bapa dan Allah Anak dan hidup di dalam setiap orang Kristen bukanlah sebuah hal yang mudah untuk ditangkap pemikiran manusia yang terbatas.

Jadi, mari kita bahas lebih lagi mengenai Roh Kudus.

Apakah artinya?

Keseluruhan lingkup Roh Kudus dan segala karakteristik-Nya tidak bisa dirangkum dengan memadai dalam satu bahan renungan. Ia terlalu luar biasa. Tetapi inilah sedikit pengertian dari beberapa fungsi utama-Nya.

Roh Kudus:

  • Menginspirasi setiap kata dalam Alkitab (2 Petrus 1:20-21)
  • Melahirbarukan hati kita sehingga dapat mempercayai Injil (Yohanes 3:6)
  • Hidup dalam setiap orang Kristen (1 Korintus 6:19)
  • Memastikan keselamatan kita (ayat hari ini)
  • Menjamin semua janji Allah pada kita (2 Korintus 1:22)
  • Mengingatkan kita pada Firman Tuhan (Yohanes 14:26)
  • Menginsafkan kita akan dosa (Yohanes 16:8)
  • Menyucikan kita–menjadikan kita makin serupa Kristus (2 Tesalonika 2:13)
  • Memberikan kita rupa-rupa Karunia untuk melayani Allah (1 Korintus 12:4-11)
BACA JUGA:  Renungan Harian Kisah Para Rasul 4: 12

Apakah Anda mulai mengerti betapa hebat dan pentingnya Roh Kudus? Iman dalam Yesus dan pertumbuhan dalam kesalehan adalah hal yang tidak mungkin tanpa Roh Kudus. Dengan demikian, hati kita harus berkelimpahan dengan sukacita di dalam Tuhan, di dalam penebusannya yang sempurna, membawa Yesus kembali ke surga setelah menyelesaikan tugas-Nya dan kemudian mengirimkan Roh Kudus untuk tinggal di dalam setiap orang percaya.

Allah Mahakuasa — Pencipta langit dan bumi — ingin mengubah hidup kita dan tinggal di dalam hati kita melalui Roh-Nya. Puji Tuhan!

Lalu apa yang harus dilakukan?

Lihatlah ke semua referensi Alkitab di atas untuk meningkatkan pema­hamanmu mengenai Roh Kudus dan pekerjaan-Nya.

Tahukah anda?

Selain hal lain yang Ia lakukan, Roh Kudus berbicara kepada Allah demi kepentingan kita ketika kita tidak tahu bagaimana cara berdoa (Roma 8:26).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *