Renungan-Harian-Amsal-23-6-7-Sifat-Hati-Orang-Kikir-Dan-Penguasaan-Diri

Renungan Harian Amsal 23:6-7 | Sifat Hati Orang Kikir Dan Penguasaan Diri

Renungan Harian Amsal 23:6-7. Nasihat apa yang diberikan Amsal yang berkaitan dengan orang kikir? (ay. 6) Mengapa? (ay. 7)

Sifat Hati Orang Kikir Dan Penguasaan Diri

Setiap orang pasti memiliki keinginan. Memiliki keinginan memang tidak salah, tetapi jangan sampai dijerat nafsu diri sendiri. Seorang yang dikuasai nafsu makan mungkin akan dimanfaatkan seorang pembesar melalui hidangan yang menipu, sehingga apa pun yang diperintahkan pembesar tersebut akan dilakukannya setelah perutnya dikenyangkan (ay. 1-3);

Seorang yang tergiur dengan makanan lezat dari seorang kikir akan terjerumus ke dalam perhitungan yang tidak tulus hati, penuh dengan jebakan, alih-alih diperdaya untuk kepentingan orang kikir (ay. 6-7). Tak mudah belajar mengendalikan diri, itulah sebabnya banyak orang yang justru dikuasai oleh nafsu diri. Seorang yang bersusah payah karena ingin kaya akan sangat kecewa bila usahanya selama bertahu-tahun ternyata habis lenyap dalam sekejap (ay. 4-5).

Kekuatan dan kedahsyatan keinginan atau nafsu dalam diri seseorang sangat bergantung pada dirinya sendiri. Ia yang dikendalikan oleh nafsu tersebut atau ia yang mengendalikan nafsu tersebut. Seorang yang tidak dapat mengendalikan nafsunya, tidak juga dapat mengendalikan dirinya, apalagi mengendalikan orang lain. Pemimpin besar yang mampu mempertahankan kedudukannya adalah seorang yang dapat mengendalikan dirinya sendiri, sehingga tidak terjerat oleh keinginan yang menjatuhkan dirinya.

Berhati-hatilah terhadap undangan makan atau hadiah yang diberikan oleh orang tertentu agar Anda tidak terjerat oleh kejahatannya. Periksa dan teliti dengan baik-baik orang tersebut apakah orang itu adalah orang yang takut akan Tuhan. (Renungan Harian Amsal 23:6-7 – GKBJ)

BACA JUGA:  Renungan Harian 1 Petrus 4: 7-11 | Hadirilah Seutuhnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.