Renungan Harian Amsal 13 | Jagalah Pergaulanmu!

Renungan-Harian-Amsal-12-Disiplin-Mulut
Renungan Harian Amsal 12 | Disiplin Mulut
2018
Renungan-Harian-Amsal-14-Menghina-Sesama-Mendukakan-Tuhan
Renungan Harian Amsal 14 | Menghina Sesama, Mendukakan Tuhan
2018
Show all

Renungan Harian Amsal 13 | Jagalah Pergaulanmu!

Renungan-Harian-Amsal-13-Jagalah-Pergaulanmu!

Renungan Harian Amsal 13. Apa saja berkat praktis bagi Anda dari nats ini? Mengapa memilih siapa yang akan menjadi teman kita itu penting bagi diri kita sendiri (ayat 20)?

Jagalah Pergaulanmu!

Ada sebuah pepatah berbunyi, “Beri tahu aku siapa saja temanmu maka aku  akan memberi tahu kamu siapa dirimu sesungguhnya!” Pepatah ini mengingatkan kita bahwa teman kita adalah membentuk diri kita; entah menjadi lebih baik atau lebih buruk. Sayangnya, seringkali kita memilih teman bukan karena tujuan untuk pengembangan diri melainkan semata-mata kesamaan profil, keuntungan ekonomis, dan kesenangan lahiriah.

Ayat 20 menegaskan kepada kita bahwa bila kita bersahabat dengan orang bijak maka kita pun berubah menjadi lebih bijak. Sebaliknya, bersahabat dengan orang yang salah akan merusak diri kita. Ini peringatan yang serius. Ingatlah bahwa kita tidak bisa memilih dalam keluarga apa kita dilahirkan. Namun, memilih teman sepenuhnya ada di tangan kita. Kita perlu selektif untuk membangun pertemanan karena kelak kita sendiri yang akan menuai konsekuensinya.

Marilah Anda evaluasi teman-teman Anda selama ini. Apakah Anda sudah memiliki teman-teman yang dapat menolong Anda bertumbuh ke arah yang lebih baik?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *