Renungan Harian 1 Yohanes 2: 15. Dalam sebuah pertandingan olahraga profesional adalah biasa untuk mengirim pengintai untuk memperhatikan lawan dan menulis laporan mengenai bagaimana gaya permainan lawan. Begitupula dalam peperangan. Prajurit Militer akan mempelajari mengenai musuh dengan mengutus mata-mata atau pengintai untuk mengetahui apakah strategi musuh. Ini juga kita hadapi dalam kehidupan rohani kita. Kita membutuhkan laporan pengintai akan musuh kita juga. Kita perlu mengetahui siapa dan apa yang dilakukan lawan kita. Alkitab mengatakan, bahwa orang percaya memiliki 3 musuh, yaitu: Iblis, dunia, dan kedagingan.

APAKAH ARTINYA?

Kita sudah membicarakan mengenai iblis beberapa kali dalam bahan renungan ini. Ia adalah musuh terbesar kita, dan ia ingin mengagalkan rencana Allah dan menghancurkan kita. Tetapi ia pada akhirnya akan hancur. Hari ini kita lihat dua musuh kita yang lain. Ketika Alkitab mengatakan “dunia”, Alkitab tidak mengatakan bahwa bumi ini adalah lawan kita. “Dunia” yang dimaksudkan Alkitab, adalah sebuah sistem dari keberdosaan manusia yang melawan Allah dan mempromosikan nilai-nilai yang tidak alkitabiah. Itulah yang dimaksud dengan “dunia”. Bisa dalam bentuk seperti film, buku, tulisan, falsafah, atau pengajaran yang berusaha untuk mejauhkan diri kita dari kebenaran Allah. Dan ketika Alkitab mengatakan “daging/kedagingan”, ini tidak berbicara bahwa tubuh kita adalah musuh kita. Tetapi ini berbicara mengenai natur keberdosaan kita – sebuah keinginan alami dari hati kita sebagai manusia yang telah jatuh ke dalam dosa. Ketika kita lebih memikirkan mengenai apa yang tubuh kita nikmati lebih dari apa yang Allah katakan. Roma 8:8 mengatakan, “Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.” Ketiga musuh kita ini menyerang kita dengan cara yang berbeda-beda. Iblis mencobai untuk untuk meragukan dan melawan Allah. Dunia berusaha mencobai kita untuk hidup bagi diri sendiri. Dan kedagingan berusaha mencobai kita untuk memuaskan keinginan berdosa kita.

Setiap kita harus menghadapi ketiganya setiap hari. Kadang kita menang, tetapi kadang kita kalah. Tetapi tetaplah semangat! Alkitab mengatakan bahwa sebenarnya setiap orang Percaya telah menang atas semua itu, karena Kristus telah menang bagi kita. Bersyukurlah atas kematian dan kebangkitan Kristus, Yesus mengalahkan iblis (1 Yoh. 3:8), mengalahkan dunia (Yoh 6:33), dan mematahkan kuasa kedagingan (Gal. 5:24). Melalu Kristus, Kita menang!

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Berdoalah kepada Allah untuk menolong kita dalam menghadapi musuh-musuh kita! Ia adalah Allah yang setia dan akan selalu menolong kita untuk menang.

TAHUKAH ANDA?

Kitab Wahyu menggambarkan kehancuran Iblis dan dunia. Sedangkan untuk daging, kekalahannya terlihat dalam kenyataan bahwa suatu hari nanti Yesus akan memberi orang-orang percaya tubuh yang baru dan sempurna (1 Korintus 15)

Baca juga: Renungan Harian Yohanes 13: 1-17 | Miliuner Memungut Sampah