renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 9 Mar 2022: 1 Kor 3: 1-9 (Media Tanam)

Daftar Isi

Renungan Harian 1 Kor 3: 1-9 (Media Tanam). Tanaman ditanam di luar pot? Tidak pakai tanah? I Tak mungkin! Nyatanya, banyak tanaman yang bisa ditanam tidak di tanah atau di pot. Anggrek misalnya, bisa ditanam di arang atau sabut kelapa. Beberapa waktu lalu, saya melihat tanaman jamur ditanam dalam pralon pipa bahkan gelas air mineral! Bagaimana mungkin? Bisa, asalkan ada semacam gel bernutrisi di sekitar akar tanaman tersebut.

Media Tanam

Itulah media tanam, yang bisa bermacam- macam jenisnya. Semua bisa membuat tanaman bertumbuh. Media tanam, bagi saya tak ubahnya seperti gereja. Bukankah gereja di negara ini begitu banyak denominasinya? Setiap gereja tak ubahnya seperti media tanam yang bisa membuat setiap jemaat bertumbuh. Namun, bukan merk gerejanya yang penting. Lalu, apa? Allah melalui pemberitaan firman di dalam gereja dan interaksi antar jemaat di dalamnya. Meski sama-sama membuat jemaat bertumbuh, tak sembarang orang bisa bertumbuh di gereja tersebut, Makanya, ada orang yang berjemaat di gereja A, ada yang berjemaat di gereja yang lain.

Namun, jangan dikira dengan banyaknya gereja cuma terjadi di Indonesia dan berlangsung pada zaman modern ini saja. Beraneka ragamnya gereja sudah terjadi sejak zaman rasul-rasul. Di Korintus misalnya, ada gereja Paulus, Kefas, Apolos, Kristus, dst. Semua bisa menumbuhkan rohani masing-masing jemaat karena Kristus Yesus. Jadi, meski beda gereja kita semua sama dan jangan pernah menganggap gerejanya lebih baik dari yang lain. Amin?! (res)

BACA JUGA:  1 Korintus 2: 9 | Ketaatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.