Renungan-Harian-29-Maret-2019
Renungan Harian Yohanes 5: 23
29 Maret 2019
Renungan-Harian-31-Maret-2019
Renungan Harian Matius 13: 9
31 Maret 2019
Show all

Renungan Harian Yohanes 5: 39-40

Renungan-Harian-30-Maret-2019


Renungan Harian Yohanes 5: 39-40. Sudah waktunya untuk sedikit pelajaran tentang orang-orang Farisi. Karena Perjanjian Baru menyebutkan mereka puluhan kali dan mereka berdebat dengan Yesus, akan sangat membantu untuk mengetahui siapa mereka. Pada zaman Yesus, system agama Yahudi telah mengalami beberapa perubahan besar sejak zaman Musa, Daud, dan Hizkia. Fokusnya telah bergeser dari para imam, nabi, dan Kuil ke layanan mingguan di sinagoge setempat, tempat orang-orang Farisi dan ahli Taurat akan mengajar.

Orang-orang Farisi memproklamirkan diri sebagai ahli Perjanjian Lama, dan mereka mengambil sendiri untuk menafsirkan hukum Allah bagi orang-orang. Misalnya, perintah keempat dalam Keluaran 20 melarang orang melakukan pekerjaan pada hari Sabat. Tapi itu tidak secara spesifk mendefnisikan apa “pekerjaan” itu. Maka orang-orang Farisi membuat daftar panjang kegiatan sehari-hari yang harus dihindari orang-orang pada hari Sabat. Orang-orang Farisi menumpuk ratusan aturan buatan manusia mereka.

Sementara orang-orang Farisi tahu kata-kata Perjanjian Lama dengan sangat baik, pengetahuan kepala mereka tidak diterjemahkan menjadi perubahan hati. Jadi ketika Yesus menegur mereka dalam Yohanes 5, ia menunjukkan bahwa pengetahuan mereka tentang Kitab Suci dan kurangnya iman mereka kepadanya tidak cocok (lihat ayat hari ini).

APAKAH ARTINYA?

Seberapa baik Anda mengenal Alkitab Anda? Bisakah Anda memberi nama semua enam puluh enam buku di tempat lain? Apakah Anda membacanya setiap hari? Beberapa kali seminggu? Beberapa kali sebulan? Apakah Anda memiliki ayat yang dihafal? Sepuluh? Dua puluh atau lebih? Apa pun pengetahuan Anda tentang Alkitab, pahamilah ini: mengetahui Firman Allah itu luar biasa, tetapi tidak ada gunanya jika Anda tidak percaya apa yang dikatakan tentang Yesus. Orang-orang Farisi adalah contoh utama dari hal ini.

Mereka adalah para ahli Perjanjian Lama yang bisa mengutip sebagian besar dari Kitab Suci. Namun ironisnya, mereka tidak percaya pada Juruselamat yang ditunjuk Perjanjian Lama! Seluruh Alkitab pada akhirnya tentang Yesus (lihat renungan 23 Februari). Jika Anda membaca seluruh Alkitab tetapi tidak menaruh iman Anda kepada Kristus, Anda benar-benar melewatkan intinya! Alkitab adalah satu cerita besar tentang rencana keselamatan Allah yang besar bagi orang berdosa yang terhilang melalui Putra-Nya. Ketika Anda membaca Firman Tuhan, ingatlah bahwa yang paling penting adalah apa yang Anda percayai tentang Yesus.

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Coba temukan tentang Yesus dalam Perjanjian Lama!

Baca juga: Renungan Harian Yohanes 7: 37-44 | Haus di Tengah Pesta



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan