renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 9 Juni 2022: Yosua 6: 1-27 (Ikuti Instruksi Dengan Benar)

Renungan Harian Yosua 6: 1-27 (Ikuti Instruksi Dengan Benar). Garis Sempadan Bangunan (GSB) dibuat agar setiap orang tidak semaunya dalam membangun. Selain itu GSB juga berfungsi agar tercipta lingkungan pemukiman yang aman dan rapi. Membangun rumah ibarat kita menyeberang jalan. Harus melihat kiri dan kanan agar selamat. Banyak aspek “kiri-kanan” yang perlu diperhatikan agar calon penghuni selamat. Aspek “kiri – kanan” itu berupa persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang sesuai fungsi rumah. Segala persyaratan itu tertuang dalam aturan tentang tata bangunan dan lingkungan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Ikuti Instruksi Dengan Benar

Demikian pula tembok Yerikho tak akan bisa direbut seandainya Yosua tidak mendengarkan dan mengikuti instruksi Allah dengan benar. Tembok yang terdiri dari 2 lapisan ini, tembok luar dan tembok dalam, dengan rincian tembok luar tebalnya 6 s kaki (1,8 meter). Sedangkan tembok dalam tebalnya 12 kaki (3,6 meter). Jarak antara tembok luar dengan tembok dalam adalah 12-15 kaki dan tinggi 30 kaki (9 meter).

Secara akal manusia, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk meruntuhkan tembok berukuran tersebut. Apalagi teknologi saat itu belum secanggih sekarang. Namun, mengapa Yosua dan bangsa Israel bisa melakukannya tanpa menggunakan alat apa- apa dengan waktu yang relatif singkat? Ya, karena mereka menjalankan instruksi yang Allah berikan dengan benar.

Begitupun dalam kehidupan ini. Jika kita mengikuti instruksi Allah (firman Allah) dengan baik, tidak mustahil kesuksesan akan menjadi miliki kita sekalipun latar belakang tak mendukung untuk sukses. Mau mengikuti instruksi tersebut atau tidak, pilihan ada di tangan diri sendiri. (ric)

BACA JUGA:  Renungan 18 Okt 2021: Yosua 16: 1-10 (Malas, Tanda Kegagalan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.