Renungan Harian Mazmur 127: 2 (Terlalu Ngoyo). Kerja lembur (over time) adalah kerja melebihi waktu kerja yang normal. Memang terkadang lembur diperlukan apabila tugas kerja yang diiberikan belum selesai dan harus diselesaikan tepat waktu atau pekerjaan yang diberikan terlalu banyak sehingga butuh waktu kerja lebih panjang agar semua dapat selesai dengan baik. Namun ternyata kerja lembur juga berisiko bagi kesehatan diri, terlebih jika dilakukan sering-sering. Seperti, fungsi otak terganggu, mengakibatkan stres, terjadi gangguan pada mata (penglihatan), kualitas tidur yang buruk dan tak teratur, gangguan jantung, pemicu depresi hingga dampak terburuk adalah kematian mendadak.

Terlalu Ngoyo

Sesungguhnya lembur itu tidak salah selama intensitasnya tidak sering karena bisa berakibat buruk bagi kesehatan, dan tujuannya bukan semata karena tambahan penghasilan. Sebab Alkitab sendiri menyatakan bahwa bekerja keras akan menjadi sia-sia, bila tak ada ketergantungan terhadap Allah di dalamnya. Hal ini dinyatakan Salomo dalam mazmurnya yang mana ketergantungan mutlak manusia kepada Allah dilukiskan dengan menyebut usaha-usaha mendasar manusia. Membangun rumah, mengawal (menjaga) kota tidak mungkin berhasil (menurut ukuran keberhasilan Ilahi) jika tidak mengikutsertakan Allah dalam rencana dan usaha-usaha manusia. Bahkan orang yang rajin pun, yang bekerja dari pagi buta hingga larut malam tidak dapat mengharapkan keberhasilan tanpa berkat-berkat dan perkenan Allah.

Jadi, jangan terlalu ngoyo karena keberhasilan bukan hanya terletak pada seberapa keras kita berusaha (bekerja), melainkan juga keterlibatan Allah di dalamnya! Maka, bekerja dan bergantunglah kepada-Nya, sehingga apa pun yang kita perbuat akan diberkati-Nya dan berhasil. Memulai aktivitas (bekerja) dengan doa adalah tanda bahwa kita bergantung kepada Allah. (kal)