Alkitab memberikan Nama/Gelar Ilahi kepada Yesus



2.-Alkitab-menyatakan-bahwa-Yesus-adalah-Anak-Allah
Alkitab menyatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah
4.-Yesus-mempunyai-sifat-sifat-Ilahi
Yesus mempunyai sifat-sifat Ilahi
Show all

Alkitab memberikan Nama/Gelar Ilahi kepada Yesus

3.-Alkitab-memberikan-Nama-Gelar-Ilahi-kepada-Yesus

3.-Alkitab-memberikan-Nama-Gelar-Ilahi-kepada-Yesus



Alkitab memberikan Nama/Gelar Ilahi kepada Yesus. Kitab suci memberikan nama-nama atau gelar-gelar Ilahi untuk Yesus, yang hanya cocok digunakan hanya untuk Allah. Apa saja itu? 

Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai

Yesaya 9: 5

Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Perhatikan teks ini, Anak yang akan dilahirkan ini diberikan 4 Gelar yaitu: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Manusia mana yang berhak mendapat gelar Penasihat Ajaib? Nabi mana yang berhak mendapat gelar Allah yang Perkasa? Guru mana yang berhak mendapat gelar Bapa yang Kekal? Malaikat mana yang berhak mendapat gelar Raja Damai?

Gelar/Sebutan yang diberikan kepada Yesus hanya cocok diberikan kepada Allah, jadi tidak bisa tidak, maka Yesus memang adalah Allah.

 

Yesus Allah yang Perkasa, bukan Allah yang Mahakuasa

Beberapa aliran menganggap bahwa Yesus Allah yang Perkasa, bukan Allah yang Maha Kuasa. Jadi mereka menganggap bahwa  Yesus bukanlah Allah yang setara dengan Allah Bapa tapi satu tingkat dibawah Bapa. Mereka mengganggap ada allah senior, ada allah junior. Jadi ke Allah-an Yesus lebih rendah dari ke Allah-an Bapa.

 

Wahyu 1: 7-8

“Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin. “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, Yang Ada, Yang sudah Ada, dan Yang akan Datang, Yang Mahakuasa.””

Perhatikan ayat tersebut, Yesus disini disebut juga sebagai Allah yang Mahakuasa. Jadi Yesus adalah Allah yang Perkasa, Yesus juga Allah yang Mahakuasa. Jadi kesimpulannya tidak ada beda antara Allah yang Perkasa dan Allah yang Mahakuasa.

 

YHWH (YAHWE)

Yeremia 23: 5-6

“Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri. Dalam zamannya Yehuda akan dibebaskan, dan Israel akan hidup dengan tenteram; dan inilah namanya yang diberikan orang kepadanya: TUHAN–keadilan kita.

Didalam penulisan Alkitab kita, ada 2 model penulisan kata Tuhan. Yaitu kata Tuhan yang berasal dari huruf asli Adonai dan kata TUHAN yang berasal dari huruf asli YHWH  yang biasa di baca YAHWE

Berdasarkan teks ini, Yesus juga disebut sebagai YAHWE (ALLAH)

 

IMANUEL

Matius 1: 23

“”Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” –yang berarti: Allah menyertai kita.”

Yesus diberi gelar IMANUEL yang berarti Allah beserta kita. Jelas disini disebut Yesus adalah Allah. 

 

Sebelumnya:
Bukti ke 2 bahwa Yesus adalah Allah: Alkitab menyatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah

Selanjutnya:

Bukti ke 4 bahwa Yesus adalah Allah: Yesus mempunyai sifat-sifat Ilahi

 

10 bukti bahwa Yesus adalah Allah
Penulis: admin renunganhariankristen.com
Dirangkum dari Pengajaran Pdt. Esra Alfred Soru di PijarTV 

 

Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

1 Comment

  1. […] Sebelumnya: Bukti ke 3 bahwa Yesus adalah Allah: Alkitab memberikan Nama/Gelar Ilahi kepada Yesus […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *