renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 21 Juli 2022: Nehemia 4: 1-2 (Bekerja dengan Integritas)

Renungan Harian Nehemia 4: 1-2 (Bekerja dengan Integritas) Mengapa kita bekerja? Apakah hanya untuk memperoleh upah sehingga mencukupi kebutuhan keluarga atau ada hal lain yang menjadi dorongan kuat? Tahukah Anda bahwa apa yang menjadi motif ketika melakukan pekerjaan akan menentukan kualitas pekerjaan. Jika kita bekerja dengan integritas, hasil pekerjaan kita pun tidak hanya memuaskan diri sendiri tetapi juga memuliakan Tuhan dan memberi manfaat bagi orang lain.

Bekerja dengan Integritas

Menurut KBBI, integritas adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran. Ada ahli berpendapat bahwa integritas akan melahirkan reputasi. Reputasi akan melahirkan kepercayaan. Dengan kata lain, bekerja dengan integritas adalah bekerja dengan segenap hati. Contoh para pekerja yang bekerja dengan segenap hati adalah Nehemia dan orang-orang Yahudi yang terlibat dalam pembangunan tembok Yerusalem.

 

Dikatakan sebagai pekerja berintegritas karena sekalipun bekerja di bawah tekanan, mereka tetap bekerja dengan segenap hati. Keseriusan mereka dalam bekerja terlihat dari (1) doa mereka kepada Allah ketika Sanbalat dan Tobia merendahkan Nehemia dan orang-orang Yahudi dengan perkataan. (2) Doa mereka untuk kedua kalinya ketika Sanbalat dan sekutunya berusaha menghancurkan hasil pekerjaan mereka. Akhirnya, melalui pekerjaan Nehemia dan orang-orang Yahudi, nama Allah dipermuliakan.

 

Pengalaman Nehemia tersebut mengajarkan bahwa pekerjaan kita pun dipakai Allah untuk menyatakan kebesaran-Nya sehingga Dia dimuliakan. Untuk itu, sesederhana apa pun profesi atau pekerjaan kita saat ini, bekerjalah dengan segenap hati. (sam)

 

BACA JUGA:  Renungan Harian Nehemia 2: 11-20 | Spirit Sanbalat

Leave a Reply

Your email address will not be published.