renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 18 Agst 2022: Amsal 6: 6, 30: 25 (Giat Mempersiapkan Hari Depan)

Renungan Harian Amsal 6: 6, 30: 25 (Giat Mempersiapkan Hari Depan). Anda pasti bangga ketika Anda menerima gaji pertama. Akan tetapi, tunggu dulu. Janganlah Anda berpuas diri dengan menghabiskannya tatkala telah menerima gaji tersebut, karena masih banyak kebutuhan yang Anda perlu rencanakan. Ada beragam hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut ini tips jitu mengatur gaji untuk masa depan Anda. 1) Buat prioritas dengan memprioritaskan hal-hal yang wajib Anda penuhi. Selanjutnya, bayarlah utang Anda. 2) Atur pengeluaran. 3) Buat laporan keuangan. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran Anda termasuk jumlah pengeluaran makanan Anda setiap hari. 4) Menabung. 5) Berinvestasi. 6) Dana cadangan. 7) Miliki asuransi.

Giat Mempersiapkan Hari Depan

Jika sampai hari ini kita belum memikirkan tentang masa depan diri sendiri, kita perlu belajar kepada semut. Sebagai binatang kecil, semut memiliki gaya hidup jangka panjang. Maksudnya, semut bekerja bukan hanya untuk memenuhi kebutuhannya hari ini tetapi semut juga mempersiapkan diri untuk menghadapi musim yang sulit untuk bekerja mencari makanan. Demikian pun kita sebagai makhluk berakal budi seharusnya kita juga lebih berpikir jangka panjang. Sebab (1) semakin umur bertambah kebutuhan pun semakin kompleks. (2) semakin umur bertambah kemampuan diri untuk bekerja semakin menurun. (3) kita tidak pernah tahu peristiwa yang akan terjadi dalam kehidupan kita di hari depan.

Selain itu, pengelolaan keuangan yang baik adalah wujud kita dapat dipercaya oleh Tuhan. Ingat, Tuhan tidak akan memberikan sesuatu yang besar bila kita tidak setia dan bertanggungjawab pada hal yang kecil (Luk. 16: 10)! Maka itu, mari giat mempersiapkan hari depan. (ys)

 

BACA JUGA:  Renungan Harian Amsal 13 | Jagalah Pergaulanmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.