renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 15 Mar 2022: Mazmur 127 (Kesombongan Terselubung)

Renungan Harian Mazmur 127 (Kesombongan Terselubung). pakah Anda pernah merenungkan tentang pekerjaan sehingga berpikir, “Jika bukan saya pasti proyek A sudah berantakan”. “Jika bukan karena saya turun tangan langsung, pasti deal tender ini tidak akan terjadi.””Jika tidak ada saya, pasti tin ini sudah kocar-kacir berantakan”. Jika Anda pernah berpikir semacam itu berarti Anda sudah sombong, Mungkin, Anda tak pernah melontarkannya tetapi apabila hati dan pikiran diri sendiri sudah mulai membandingkan bahwa diri sendiri merasa jauh lebih baik dari orang lain, di saat itulah Anda bisa disebut sombong.

Kesombongan Terselubung

Inilah yang disebut kesombongan terselubung. Kesombongan semacam ini justru yang berbahaya, karena diri sendiri tidak menyadarinya dan orang lain pun tidak mengetahui bahwa kita sombong. Kesombongan semacam inilah yang diam-diam akan menjatuhkan kita. Karenaitucegahlah diri sendiri dari kesombongan terselubung dengan cara (1) ingatkan senantiasa pada diri sendiri bahwa segala sesuatu yang ada di dalam hidup ini bisa terjadi karena Tuhan yang campur tangan, (2) ingatkan pada diri sendiri bahwa usaha manusia hanya berkontribusi beberapa persendalam suatu pencapaian, sedangkan kontribusi terbesar adalah berkat Tuhan, (3) tanamkan pada diri sendiri bahwa sekeras apa pun usaha yang manusia lakukan akan sia-sia jika Tuhan tak berkehendak atas sesuatu.

Dalam karir pun demikian. Usaha dankerja keras memang penting tetapi sadarilah bahwa perkenanan Tuhan jauh lebih penting dalam kehidupan ini. Jadi, bekerjalah dengan senantiasa melibatkan Tuhan di dalamnya. Tanpa Dia, sesungguhnya kita tak bisa berbuat apa-apa, apalagi mencapai target hidup. Jadi, tetaplah rendah hati! (ark)

BACA JUGA:  Renungan Harian Mazmur 17: 15 | Korupsi

Leave a Reply

Your email address will not be published.