Renungan 1 Raja-raja 12-1-24 (Pengelola yang Benar)
Renungan 1 Raja-raja 12-1-24 (Pengelola yang Benar)

Renungan 2 Sept 2021: 1 Raja-raja 12: 1-24 (Pengelola yang Benar)

Renungan 1 Raja-raja 12: 1-24 (Pengelola yang Benar). Apakah Anda sering mengalami uang gajian hanya mampir di rekening atau sering mengalami kesulitan keuangan di pertengahan bulan? Tidak semua orang pandai mengatur pengeluaran. Lalu bagaimana menyisakan sekaligus mengamankan sebagian dari uang tersebut agar tidak terpakai seluruhnya untung hal-hal tidak penting? (1) Jangan menyimpan uang di rumah. (2) Jangan memegang uang tunai terlalu banyak. (3) Gunakan safe deposit. (4) Investasikanlah sebagian dari penghasilan Anda ke dalam bentuk lain yang nilainya tidak berubah. (5) Belanjakan sesuai kebutuhan. (6) Membuat catatan pengeluaran bulanan. (7) Miliki rekening di bank yang berbeda.

Pengelola yang Benar

Pengelolaan yang benar sangat penting. Hal ini berlaku dalam segala aspek kehidupan kita, termasuk pekerjaan kita. Sebab sesuatu yang tidak dikelola dengan benar hasilnya pasti akan berantakan dan akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Inilah yang terjadi pada kerajaan yang dipimpin Salomo di Yerusalem. Mengutamakan kepentingan diri sendiri (Pendirian tempat penyembahan berhala; 1 Raj, 11) di atas kepentingan bersama, membuat hidup rakyat Israel sengsara lantaran beban pajak yang ditanggungkan kepada mereka sangat besar. Situasi diperparah dengan ketidakbijaksanaan Rehabeam, pengganti Salomo, dalam menghadapi keluhan rakyat (ay. 6-16). Alhasil, pemberontakan terjadi dan pecahlah kerajaan. Belajar dari peristiwa tersebut, pelajaran pentingnya.

 

(1)Pemimpin yang hidupnya melibatkan Tuhan dalam segala hal. (2) Pemimpin yang baik pasti bijaksana ketika memutuskan. (3) Pemimpin yang baik akan selalu mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. (4) Pemimpin yang baik tidak akan memanfaatkan orang-orang yang dipimpinnya demi kepentingan pribadi. (ric)

BACA JUGA:  Renungan Remaja 1 Raja-Raja 1: 5-31 | Tamak

Leave a Reply

Your email address will not be published.