Mengapa-Allah-Disebut-Bapa

Mengapa Allah Disebut Bapa?

Tanya:

Mengapa didalam alkitab Allah disebut “bapa”? Namun dibagian alkitab yang lain Allah disebut Roh. Apakah itu bertentangan?

Jawab:

Tidak bertentangan, karena Roh berbicara tentang sifat sedangkan bapa itu berbicara tentang peranan.

Yohanes 4: 24 “Allah itu Roh…” Roh itu artinya tidak bertubuh, maka Allah tidak berjenis kelamin. Setan itu juga roh maka tidak ada setan laki-laki atau setan perempuan. Malaikat itu juga roh maka tidak ada malaikat laki-laki atau malaikat perempuan. Tetapi ketika mereka mau menampakkan diri, mereka bisa mengambil rupa laki-laki atau perempuan. Sedangkan kita manusia memiliki tubuh, maka kita memiliki jenis kelamin, ada pria dan wanita.

Ketika kita berbicara tentang Bapa, maka kita bicara tentang gambaran dan peranan. Mazmur 103:13 “Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia”. Kata “seperti bapa” itu menggambarkan bagaimana Dia memelihara umatnya seperti seorang bapa memelihara anak-anaknya. Perlu diingat kata “bapa” disini adalah bahasa Antropomorfis. Yaitu Allah digambarkan dengan jabatan/gambaran sebagai manusia.

Oleh: Pdt. Esra Alfred Soru

Mengapa Allah Disebut Bapa
Dirangkum oleh: Admin Renungan Harian Kristen

 

[video_embed video="MnnUCBcHuSI" width="700" height="400"]
BACA JUGA:  Jika orang mati langsung masuk ke surga/neraka, lalu bagaimana dengan Wahyu 1: 7 ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *