khotbah-kristen-terbaru-dan-terlengkap
khotbah-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Khotbah Kristen | Pria Yang Setia Kepada Tuhan | Kisah Para Rasul 2: 1-13

Khotbah Kristen | Pria Yang Setia Kepada Tuhan | Kisah Para Rasul 2: 1-13. Belajar dari seorang tokoh yang bernama ZAKHARIA. Zakharia adalah seorang Imam, Elizabeth isterinya adalah Kerutunan Imam. Alkitab mencatat: keduanya adalah benar dihadapan Allah, hidup menurut segala perintah dan ketetapan Tuhan dengan Tidak bercacat. Tetapi mereka Tidak mempunya Anak dan keduanya telah lanjut usia.

Pria yang Setia kepada Tuhan :

1. Tetap Menjadi Imam walaupun banyak masalah yang dihadapi.

Tidak mempunyai anak, suatu masalah besar pada saat itu. Mengapa?. Karena Pandangan pada saat itu Tidak punya anak berarti Tuhan tidak berkenan. Zakharia, seorang Imam, seorang penyambung lidah Allah, punya hubungan yang dekat dengan Allah. Tetapi tidak punya anak. Apa kata orang?. Ia punya banyak masalah. Tetapi bagaimana Zakharia menghadapi masalah itu. V8: Zakharia tetap melakukan tugas Keimamanya. Walaupun dia punya masalah banyak tetapi dia tidak ditinggalkan Tuhan. Zakharia tetap menjadi Imam.

Aplikasi : Belajar dari Zakharia, tidak lari dari masalah, tetepi Tetap menjadi Imam, Punya hubungan dengan Tuhan, Setia berdoa, Setia menanti rencana Tuhan.

2. Pendamping yang setia.

Sekalipun Elizabet isterinya mandul. Zakharia seorang pendampi yang setia. Zakharia tidak meninggalkan Elizabeth isterinya sampai lanjut usia. Dia tidak mencari isteri lain seperti yang dilakukan oleh Elkana, menikahi penina dan akhirnya buat masalah baru dalam keluarganya.

Aplikasi : Para pria, belajar dari Zakharia, Setia kepada pasangan. Ada banyak suami-suami yang mengungkit kekurangan isterinya. Tidak puas dengan isterinya, berlaku kasar. Pria yang setia kepada Tuhan, seorang pendamping yang setia, mengasihi isterinya dengan segala kekurangannya.

BACA JUGA:  Khotbah Kristen Kis 1:1 - Kis 2:5 | Semakin Dibanting Semakin Melenting

3. Peregenerasi yang Sukses.

Yohanes boleh dibilang dia menjadi “sukses’. Banyak orang bertobat melalui dia. Mengapa bisa?. Pertama karena ada Rencana Tuhan khusus atasanya, Kedua, Peran orangtua. Peran Ayah yang pertama. Karena yang menerima pesan itu adalah bapaknya, bukan Elizabeth. Lalu Zakharia menyampaikan rencana Tuhan itu, semua perkataan Tuhan kepada Elizabeth isterinya, dia menuntut isterinya. Kita bisa bayangkan bagaimana Zakharia bisa melakukannya dengan baik. Sepertinya yang dikatakan malaikat Tuhan kepadanya, anaknya harus dinamai Yohanes. Tidak minum anggur dan minuman keras mulai dari kandungan. Zakharia dan Elizabeth berhasil mendidik Yohanes menuruti rencana Tuhan dalam hidupnya. Betapa besar peran bapak dan mamanya.

Aplikasi : Kalau Tuhan mau pakai anak kita, maka peran kita orangtua penting. Terlebih lagi peran seorang ayah. Di zaman sekarang ini, Tuhan bicara pada siapa?. Dimanakah figureayah?. Apakah ayah telah menjadi figur imam?. Tuhan mau bicara pada ayah-ayah, figur imam yang dekat dengan Allah, yang mengenalkan Allah, yang menyampaikan pesan Allah. Tuhan punya rencana atas anakanak kita. Kalua Yohanes tadi dipilij membawa berita khusus, anakanak kita bukan lagi berita khusus, tetapi menjadi pembawa berita secara umum, semua yang ikut Tuhan, anak harus diberitahu untuk beritakan injil, bersaksi, memuliakan Tuhan.

Penutup : Sudahkan para pria/bapak seperti Zakharia?. Pria yang setia kepada Tuhan, akan mencari isteri yang Setia kepada Tuhan. Pasangan yang Setia kepada Tuhan, menghasilkan keturunan yang Setia kepada Tuhan. Apakah bapak dan ibu termasuk didalamnya? Apakah bapak ibu pasangan yang setia kepada Tuhan?. Mari meregenerasikan, melatih anak kita, menunjukkan teladan, supaya mereka menjadi anakanak yang setia kepada Tuhan. Tuhan memberkati keluarga kita sekalian. Amin.

BACA JUGA:  Khotbah Kristen | Petrus & Kornelius | Kisah Para Rasul 10: 1-36

 

– Ev. Lydia H. Mulyono –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *