Khotbah Kristen Kis 1:1 – Kis 2:5 | Semakin Dibanting Semakin Melenting

Renungan-Harian-Amsal-15-31-32-Pemimpin-yang-lemah-lembut
Renungan Harian Amsal 15: 31-32 | Pemimpin yang Lemah Lembut
21 Agustus 2017
Khotbah-Kristen-Nehemia-1-1-2-5-Mencintai-Bangsa-Indonesia
Khotbah Kristen Nehemia 1:1 – 2:5 | Mencintai Bangsa Indonesia
23 Agustus 2017
Show all

Khotbah Kristen Kis 1:1 – Kis 2:5 | Semakin Dibanting Semakin Melenting

Khotbah-Kristen-Kis-1-1-26-Semakin-Dibanting-Semakin-Melenting


Khotbah Kristen Kis 1:1 – Kis 2:5. Sebuah bola bekel jika dibanting maka akan memantul kembali, gereja mula-mula juga demikian, meskipun dibanting dia tidak pecah, namun semakin dibanting maka dia semakin memantul. Gereja mula-mula seringkali dibanting oleh politik romawi, dibanting oleh tekanan pemerintahan pada saat itu yang tidak bersahabat, mereka dicari-cari, bahkan banyak orang kristen yang dibunuh.

Tetapi meskipun banyak sekali tantangan yang dihadapi gereja mula-mula pada saat itu, namun ketika mereka dibanting mereka semakin melenting, strategi apa yang dimiliki gereja mula-mula sehingga dia semakin melenting ketika dibanting.

Ada 3 hal yang akan kita pelajari mengenai gereja mula-mula di dalam Kitab Kisah Para Rasul 1.

  1. Pengajaran yang berfokus pada memberitakan Kristus.

Empat puluh hari sebelum Yesus naik ke surga ada pengajaran yang diberikan kepada murid-muridnya yaitu pengajaran tentang kerajaan Allah.

Di dalam Kis 28:31 pengajaran tentang kerajaan Allah tidak bisa dilepaskan dari Yesus Kristus, Yesus lah yang ditinggikan, Yesus yang telah bangkit dari antara orang mati. Ada banyak catatan di dalam Kisah Para Rasul dimana pengajarannya berfokus kepada Kristus.

Gereja yang khotbahnya tidak memberitakan Yesus sebagai fokusnya, akan menjadi gereja yang ketika dibanting bukannya melenting melainkan akan hancur.

  1. Menjadi saksi

Kis 1:8 berkata bahwa kita harus menjadi saksi sampai ke ujung bumi. Apa itu bersaksi, bersaksi adalah menceritakan pengalamanmu sebelum mengenal Yesus dan setelah mengenal Yesus, ceritakan pengalaman hidupmu bersama dengan Tuhan.

  1. Berdoa bersama

Kis 1:14, Gereja mula-mula selalu mengandalkan doa dalam pelayananannya, mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama.

Kis 4:24-31 Memberikan contoh doa gereja mula-mula yang mendoakan para pemimpin rohaninya. Pada waktu itu konteksnya para rasul sedang diancam untuk tidak memberitakan Kristus. Mereka bersama-sama berdoa bagi para pemimpinnya.

Akibat doa itu, firman mengalami kemajuan, mereka penuh dengan Roh Kudus dan memberitakan firman dengan berani.

Saya rindu gereja kita saat ini memiliki semangat gereja mula-mula dalam memberitakan Firman Tuhan. Sehingga ketika gereja semakin dibanting maka akan semakin melenting. [Khotbah KristenPdt. Hengky Setiawan]

 



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *