Bahan Sekolah Minggu - Salomo yang Bijaksana
Bahan Cerita Sekolah Minggu | Salomo yang bijaksana
2017
Renungan Harian - Dibenarkkan karena iman
Renungan Harian Roma 5:1-11 | Dibenarkan Karena Iman
2017
Show all

Bahan Cerita Sekolah Minggu | Tidak Membalas

Bahan Sekolah Minggu - Tidak Membalas

Bahan Cerita Sekolah Minggu 1 Samuel 24:1-13. Saul yang iri hatinya memiliki rencana dan keinginan jahat untuk membunuh Daud. Dia tidak mau Daud merampas kerajaan dari tangannya. Tetapi karena Yonatan (anak Saul) berteman dengan Daud, maka Yonathan membocorkan rencana pembunuhan ini dan menyuruh Daud untuk pergi ke banyak negeri. Tetapi meskipun demikian Saul tetap mengejar Daud.

Saul mengejar Daud sampai ke gunung di En-Fedi, tetapi Saul kelelahan dalam pengejaran ini, Saul tidak tahu bahwa Daud juga sedang bersembunyi di area gunung itu. Karena begitu lelahnya, Saul tertidur pulas. Saat itulah Daud keluar dari persembunyiannya. Tapi Daud tidak membunuh Saul, Daud tidak menggunakan kesempatan itu untuk balas membunuh Saul. Daud hanya memotong kain dari jubah Saul selagi Saul masih tertidur. Hal itu dilakukannya sebagai bukti bahwa bisa saja Daud membunuh Saul namun tidak dilakukan. Mengapa Daud tidak membunuh Saul? Karena Daud percaya bahwa Allah akan menghakimi dengan adil semua perbuatan yang telah dilakukan Saul terhadap dirinya.

Nah adik-adik, kita bisa belajar dari perbuatan Daud terhadap Saul, Daud tidak mau membalas perbuatan Saul meskipun Daud mempunyai kesempatan untuk membalas. Karena itu hari ini kita mau belajar untuk tidak membalas orang yang bersalah sama kita. Kita harus percaya bahwa Tuhan adalah hakim yang adil.

Bahan diskusi:

  1. Bagaimana sifat raja Saul? Jelaskan?
  2. Bagaimana sifat Daud? Jelaskan?

Doa:

Bapa yang di Surga, ajarilah aku untuk tidak membalas teman-teman yang bersalah kepadaku, aku mau percaya kepadamu bahwa engkau adalah hakim yang adil sehingga  aku tidak perlu menghakimi teman-temnku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *