Renungan Harian Amsal 2: 1-10 (Dari Mana Datangnya Ide?). Ide merupakan gagasan yang timbul sebagai hasil dari proses berpikir kreatif. Artinya, ide hanya bisa muncul saat kita keluar dari rutinitas berpikir yang itu-itu saja. Istilah kerennya thinking out of the box. Seseorang biasanya mulai berpikir kreatif dimulai dengan sikap kita yang rajin mengamati keadaaan sekeliling. Ada juga yang mengamati perilaku konsumen, strategi perusahaan lain baik di industri yang sama atau berbeda, dan membiasakan diri membaca buku atau melihat film yang inspiratif. Sering dari sana timbul ide untuk melakukan sesuatu yang berbeda.

Dari Mana Datangnya Ide?

Bagaimana cara Anda mendapatkan ide? Sebagian dari kita mungkin akan melakukan cara-cara seperti di atas untuk menemukan ide=ide baru. Ya, sebuah ide memang bisa muncul begitu saja, di mana saja, dan pada waktu yang tidak terduga. Di atas semua itu, sesungguhnya, kita membutuhkan ide-ide ajaib dan segar yang datangnya hanya dari Allah sebagai Sang sumber kreatif. Namun, bagaimana Allah akan memberikannya kalau Dia saja tak mengenal kita lantaran diri sendiri tak pernah berkomunikasi dengan-Nya? Ibaratnya, ada orang tak dikenal tiba-tiba meminta uang pada kita dalam jumlah yang cukup besar.

Itu artinya kita harus membangun komunikasi yang baik dengan Allah melalui doa, pujian, penyembahan, dan pembacaan firman-Nya. Ketika hubungan kita dengan-Nya baik, jangankan satu ide, ribuan ide pasti akan Dia berikan pada kita melalui hikmat-Nya yang dikaruniakan pada kita.

Jadi, apakah ide-ide kreatif yang sedang kita butuhkan saat ini? Utamakan bangun komunikasi dengan Allah lebih dulu, maka semuanya akan ditambahkan-Nya. (sam)