Kumpulan-Renungan-Harian-Remaja-Terbaru-dan-Terlengkap
Renungan Remaja Lukas 14: 28-30 | Back Up Plan
Kumpulan-Renungan-Harian-Remaja-Terbaru-dan-Terlengkap
Renungan Remaja Mazmur 118: 24-25 | Bad Day Good Day
Show all

Renungan Harian Yoh 20: 28

Renungan-Harian-Terbaru-5-Desember-2019

Renungan-Harian-Terbaru-5-Desember-2019



www.renunganhariankristen.com Ketika Yesus menampakan diri-Nya kepada para murid pada Minggu malam kebangkitan. Tomas tidak hadir. Jadi ketika murid yang lain bertemu dengan dia, mereka dengan semangat berkata “kami baru saja melihat Tuhan”, Tomas menolaknya dan dia masih berpikir bahwa Yesus masih mati.

Dia mengira bahwa temannya mungkin hanya mengerjainya atau mungkin dia berpikir bahwa mereka semua melihat hantu seperti ketika para murid melihat Yesus berjalan di atas air (Matius 14: 26).

Bagaimanapun juga, Tomas adalah orang yang skeptic, sangat cepat untuk bertanya tapi lambat untuk percaya. Dia adalah tipe orang yang harus terlebih dahulu melihat baru bisa percaya.

Tetapi Tomas berkata kepada mereka: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.” (Yoh 20:25). Tomas meminta bukti fisik kepada teman-temannya.

Meskipun Tomas tidak percaya, bagaimana pun juga ketidakpercayaannya akan hilang. Satu minggu kemudian, Yesus hadir kembali di depan para murid, dan kali ini ada Tomas di sana. Ketika Tomas melihat Yesus hatinya berdetak dengan sangat cepat. Kemudian Yesus tahu bahwa Tomas masih ragu dan Yesus berkata “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.” (Yoh 20: 26)

Kemudian Tomas menjawab “Ya Tuhanku dan Allahku!” (ayat hari ini).

Apakah artinya?

Seperti pengakuan terkenal Petrus di dalam Matius 16:16 (Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup), pengakuan Tomas juga termasuk salah satu deklarasi keilahian Yesus di dalam Alkitab.

Setelah menyaksikan secara langsung kebangkitan Tuhan Yesus yang luar biasa, Tomas langsung menyingkirkan ketidakpercayaannya tadi, dan langsung menjadikan Yesus sebagai Tuhannya. Sekarang Tomas tahu dan yakin bahwa Yesus adalah Allah sejati.

Apakah anda juga percaya? Apakah anda menerima keilahian Yesus dan bersedia untuk menjadi Yesus sebagai penguasa tunggal hidup anda? Sudahkah anda mengakui dengan iman bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat anda?

Biarlah pengakuan Tomas ini menjadi pengakuan anda juga!

Lalu apa yang harus dilakukan?

Baca Roma 10:9-10 berulangkali dan berdoalah agar Roh Kudus melem­butkan hati anda untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat

Tahukah anda

Arti nama Tomas adalah “kembar”. Dan kemungkinan Tomas memiliki saudara kembar yang tidak ditulis dalam kitab suci.

Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *