Kumpulan-Renungan-Harian-Remaja-Terbaru-dan-Terlengkap
Kumpulan-Renungan-Harian-Remaja-Terbaru-dan-Terlengkap

Renungan Harian Titus 2: 6-8 (Start Living a Better Life)

Renungan Harian Titus 2: 6-8 (Start Living A Better Life). Seorang pria yang dikenal sebagai pribadi yang menginspirasi banyak orang meninggalkan pesan inspiratif di batu nisannya. Pesan tersebut berbunyi “Sewaktu aku masih muda dan bebas, dengan imajinasi tak terbatas, aku bermimpi mengubah dunia. Lalu, pada saat aku semakin dewasa dan lebih bijaksana, aku menemukan bahwa dunia tak mau berubah. Maka, aku pun merendahkan jangkauanku dan memutuskan untuk mengubah negaraku saja. Tapi, kelihatannya ini terlalu berat. Saat aku mulai memasuki usia senja, dalam satu upayaku yang terakhir, aku bertekad untuk mengubah keluargaku, yaitu orang-orang yang dekat denganku. Namun, sedikitpun mereka tak mau berubah. Di ranjang kematianku, saat aku telah berbaring. tiba-tiba aku tersadar: kalau saja aku lebih dahulu mengubah diri sendiri, maka dengan contoh itu aku mungkin bisa mengubah keluargaku. Lalu, dari inspirasi dan dorongan mereka, tentu aku akan mampu menjadikan negaraku lebih baik, dan siapa tahu, aku mungkin bisa mengubah dunia.”

Banyak orang menginginkan kondisi lingkungan yang baik dan menyenangkan, tapi ia nggak mau memulainya dari dirinya sendiri terlebih dulu Mungkin saat ini kita tanpa sadar juga bersikap kayak gitu.  Kita benci melihat para pejabat yang melakukan kecurangan demi bisa memperoleh kekuasaan dengan cara suap ato apa pun, tapi di sisi lain kita juga dengan santainya berbuat curang saat ujian.  Atau kita jengkel melihat orang-orang kaya nggak mau berbagi kepada mereka yang miskin, tapi di sisi lain kita juga nggak mau peduli dengan orang-orang di sekitar kita.  Kalo kayak gitu, apa bedanya kita dengan sosok-sosok yang kita benci itu?

Ketika kita mengharapkan lingkungan atau orang-orang di sekitar kita berubah menjadi lebih baik, sebelumnya kita harus memastikan diri kita sendiri juga mau berubah menjadi lebih baik!  Mulailah dengan melakukan hal-hal kecil untuk membuat hidup kita lebih baik dari sebelum-sebelumnya.  Mintalah hikmat dari Tuhan agar kita dapat mengerti dan menyadari hal-hal mana yang perlu diubah dalam kehidupan kita, apa aja yang perlu kita perbaiki, serta hal-hal apa yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi dalam hubungan dan komunikasi kita dengan sesama.

BACA JUGA:  Renungan Harian Remaja Titus 2:11-15 | The Reason Is You

Leave a Reply

Your email address will not be published.