03.-Renungan-Harian-Remaja-Matius-26-26-30-Perjamuan-Kudus
Renungan Harian Remaja Matius 26:26-30 | Perjamuan Kudus
2017
05.-Renungan-Harian-Remaja-Roma-12-9-11-Fenomena-Kristen
Renungan Harian Remaja Roma 12:9-11 | Fenomena Kristen
2017
Show all

Renungan Harian Remaja Kisah Para Rasul 9:36-43 | Dorkas

04.-Renungan-Harian-Remaja-Kisah-Para-Rasul-9-36-43-Dorkas


Renungan Harian Remaja Kisah Para Rasul 9:36-43. Dalam sejarah penginjilan, tercatat banyak sekali nama orang-orang salah yang menyatakan imannya melalui perbuatan. Salah satunya adalah Dorkas. Mungkin namanya cukup asing bagi kita, tapi dia banyak menoreh sejarah penginjilan pada saat itu. Andai dia hidup pada zaman sekarang ini, dia mirip sekali dengan mother Teressa yang banyak memberikan hidupnya untuk pelayanan. Dorkas telah banyak mengungkapkan apa arti menjadi murid Yesus melalui perbuatan baiknya dan selalu memberi sedekah.

Mungkin tanpa disadarinya, kasih Kristus telah terpancar dari perbuatan Dorkas sehari-hari. Perbuatannya menguatkan iman dan imannya membuahkan lebih banyak perbuatan baik. Inilah kesaksian yang terlihat nyata dari orang-orang yang berada di sekitarnya dan yang telah menerima berkat dari perbuatannya. Dalam kisahnya, bukti pelayanan Dorkas yang begitu indah terungkap pada waktu dia jatuh sakit dan meninggal. Banyak orang yang kehilangan dan merasa bersedih hati, terutama para janda yang telah mendapat dorongan untuk tetap memiliki semangat hidup dan berjuang terus. Bukan saja dalam masa hidupnya Dorkas menarik orang untuk percaya, tetapi pada waktu meninggal pun telah dipergunakan Allah melalui Petrus untuk membuat orang banyak menjadi percaya (ayat 42).

Kesaksian yang hanya dengan perkataan saja bisa terdengar hampa. Karena perkataan tanpa didukung perbuatan membuat sia-sia usaha pemberitaan Injil, seperti tong kosong nyaring bunyinya. Jadi, perkataan dan perbuatan seharusnya saling menguatkan dan berjalan seimbang. Jika perkataan dan perbuatan tidak berjalan seimbang, maka Yakobus pun menyimpulkan bahwa iman yang tidak disertai perbuatan pada hakekatnya mati (Yak.2:17).

Sobat muda, bagaimana dengan iman kita, apakah juga terungkap dalam perbuatan? Setiap kita sudah selayaknya membuktikan perkataan kita dengan perbuatan. Jangan sampai kita cuma pandai berkata-kata tapi perbuatannya tidak mencerminkan perkataan-Nya! Nah, terlepas dari kita cewek atau cowok, tetapi marilah kita menjadi murid Yesus seperti Dorkas! (RJW – Renungan Harian Remaja Kisah Para Rasul 9:36-43)


Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *