renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Lukas 2: 52

Renungan Harian Lukas 2: 52. Ada 16-17 kata (ayat hari ini) untuk menceritakan kehidupan selama 18 tahun kemudian. Setelah kisah Yesus berusia 12 tahun yang tertinggal di Yerusalem, selanjutnya adalah kisah Yesus dibaptis dan mulai melakukan pelayanan dan mujizat setelah berusia 30 tahun. Tidak ada satupun dari kitab Injil yang menceritakan masa Yesus dari usia 12 sampai 30 tahun.

Ada begitu banyak hal yang tidak diketahui mengenai Yesus. Wajah-Nya seperti apa? Apakah Ia tinggi atau pendek? Apakah warna rambut-Nya? Apakah Ia memiliki janggut seperti yang ada dilukisan-lukisan mengenai Yesus? Seperti apa teman-teman kecil Yesus? Apakah yang Yesus paling gemari ketika masih kecil? Apakah makanan kesukaan-Nya? Apakah Yesus jago berolahraga? Apakah Yesus memainkan alat musik? Alkitab mencatat mujizat pertama yang Yesus lakukan adalah mengubah air menjadi anggur dalam pernikahan di Kana (Yoh. 2:11). Tetapi apakah Yesus juga pernah melakukan mujizat di masa kecil-Nya ketika Ia sedang bermain?

APAKAH ARTINYA?

Yesus hidup selama 33 tahun di dunia ini. Alkitab, memberikan informasi yang detil mengenai 3 tahun terakhir dalam kehidupan Yesus. Alkitab tidak pernah menjelaskan mengapa ada banyak hal yang tidak kita ketahui dalam masa kehidupan Tuhan Yesus sebelum Ia melayani di usia 30 tahun. Tetapi sejujurnya, kita tidak perlu mengetahui lebih dari yang Allah ingin kita ketahui melalui Alkitab. Firman Allah begitu sempurna dan cukup untuk segala kebutuhan kita. Seperti dalam 2 Tim. 3:15, “Kitab Suci (alkitab) yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.” Meskipun Alkitab tidak memberi tahu kepada kita segalanya tentang Yesus, tetapi Alkitab telah memberi tahu kita segala sesuatu yang perlu kita ketahui, yaitu menuntun kita kepada keselamatan oleh iman kepada Yesus Kristus. Janganlah kuatir akan apa yang Alkitab tidak ceritakan mengenai Yesus. Terkagumlah dan hiduplah sesuai dengan apa yang Alkitab telah katakana kepada kita. Itu lebih dari cukup!

BACA JUGA:  Renungan Harian Matius 22: 37-39

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Ada begitu banyak informasi yang salah mengenai Yesus di luar sana. Berkomitmenlah untuk mempercayai apa yang Allah katakan melalui Alkitab tentang Yesus dan kehidupan-Nya!

TAHUKAH ANDA?

Keempat Injil tidak sepenuhnya merupakan kisah tiga tahun terakhir Yesus di bumi. Akhir dari Injil Yohanes mengatakan, “Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.” (Yoh. 21:25) (Renungan Harian Lukas 2: 52)

Baca juga: Renungan Harian Remaja Lukas 6: 37-42 | Koreksi Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published.