Renungan-Harian-Remaja-Matius-19-16-26-Untuk-Tuhan
Renungan Harian Remaja Matius 19: 16-26 | Untuk Tuhan
2018
Renungan-Harian-Remaja-Matius-12-33-37-Perkataan
Renungan Harian Remaja Matius 12: 33-37 | Perkataan
2018
Show all

Renungan Harian Remaja Kejadian 13: 1-18 | Mengalah

Renungan-Harian-Remaja-Kejadian-13-1-18-Mengalah


Renungan Harian Remaja Kejadian 13:1-18. Kalian tentu masih ingat, khan cerita tentang Abraham dan Lot? Seorang paman dan keponakan yang sama-sama mempunyai penggembala yang selalu menggiring kawanan ternaknya. Suatu ketika di antara mereka terjadilah perebutan daerah tempat penggembalaan ternak. Abraham melihat hal ini sangatlah tidak baik dan dapat mengancam hubungan kekeluargaan di antara mereka.

Abraham adalah seorang yang takut akan Tuhan. Ia tidak memikirkan hal-hal yang ia rasakan dan lihat saat itu, tetapi ia melihat jauh ke depan. Ia lebih mementingkan hubungan yang baik dan terus langgeng dibandingkan hal-hal yang bersifat lahiriah. Abraham memutuskan untuk mengalah, ia membiarkan Lot memilih padang rumput yang subur dengan air yang tenang. Baginya mengalah bukan berarti kalah. Buktinya, Tuhan mengembalikan semua harga yang telah dibayar oleh Abraham bagi Lot. Tuhan berfirman kepada Abraham dalam ayat 17, “…kepadamulah akan Kuberikan negeri itu”

Abraham bukan saja mendapatkan sebidang tanah dengan padang rumput hijau dan aliran sungai yang jernih dan tenang, tetapi kepadanya Allah menjanjikan sebuah negeri yang akan menjadi milik pusakanya turun temurun. Memang, terkadang berat rasanya bagi kita untuk mengalah. Tapi ingatlah, Tuhan memperhitungkan setiap apa yang kita lakukan, dan Dia adalah Allah yang setia terhadap janji-Nya. Tuhan tahu sejauh mana kita mengalah untuk kebaikan orang lain. Semua itu tidak sia-sia, karena Allah sangat peduli.

Mengalah

Dalam kehidupan nyata hal ini sering terjadi. Apa yang sudah kita usahakan seringkali dinikmati oleh orang lain. Apa yang menjadi hak kita, ternyata diambil alih oleh orang lain. Kita mulai frustasi dengan keadaan ini, tapi sekali lagi Tuhan itu adalah Allah yang setia. Dia tidak akan membiarkan kita terus tenggelam dalam keputusasaan sehingga kita kehilangan harapan dan merasa menjadi orang yang paling tidak beruntung. Mengalahlah demi kebaikan orang lain dan lakukanlah itu dengan tulus! (AML – Renungan Harian Remaja Kejadian 13:1-18)

Baca juga: Renungan Harian Amsal 23: 1-3 | Hati-Hati Dengan Nafsumu!


Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *