Renungan Harian Remaja 1 Petrus 4: 1-11 | Kebiasaan Buruk

11.-Renungan-Harian-Remaja-Filipi-2-8-21-Apa-Sumbernya
Renungan Harian Remaja Filipi 2:8-21 | Apa Sumbernya?
2017
13.-Renungan-Harian-Remaja-Matius-8-5-13-Memberi-Kejutan
Renungan Harian Remaja Matius 8:5-13 | Memberi Kejutan
2017
Show all

Renungan Harian Remaja 1 Petrus 4: 1-11 | Kebiasaan Buruk

12.-Renungan-Harian-Remaja-1-Petrus-4-1-11-Kebiasaan-Buruk


Renungan Harian Remaja 1 Petrus 4: 1-11. Tidur sering larut malam, bangun selalu kesiangan, suka telat makan, hobi menghisap jempol, atau suka ngegosipin tetangga. Mungkin kegiatan-kegiatan ini menjadi kebiasaan hidup kita sehari-hari. Bahkan mungkin kita juga nggak menyadari kalau kegiatan-kegiatan itu adalah kebiasaan buruk yang merugikan dan harus segera kita hilangkan, lantaran sudah mendarah daging. Menurut Pete Cohen, seorang psikolog dan physical trainer, bahwa nggak ada manusia lahir dengan kebiasaan buruk. Kebiasaan ini justru dipelajari saat tumbuh dewasa. Nah, cara yang paling jitu untuk membuang kebiasaan buruk adalah dengan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik. Menurut beberapa penelitian, diperlukan pengulangan 20-30 kali untuk menjadi suatu kebiasaan baru dan baik. Wah bisa kebayang, kan, kalau kita punya 10 kebiasaan buruk? Tentu, banyak banget waktu yang musti kita habiskan untuk menggantinya dengan kebiasaan baik.

Menumbuhkan kebiasaan baik sejak dini adalah prinsip yang harus selalu kita tanamkan. Walau mungkin ada kalanya kita gagal melakukannya, tapi jangan berhenti dan putus asa. Teruslah mencoba dan melatih diri untuk melakukannya dengan tetap mengandalkan anugerah Tuhan. Percayalah, kita pasti akan dimampukan untuk terus hidup dalam kebiasaan-kebiasaan yang baik. Ingat, menumbuhkan sebuah kebiasaan baik dibutuhkan suatu proses, kita nggak bisa mengharapkannya semudah kita membalikkan telapak tangan.

Perhatikan juga pergaulan kita. Jangan biarkan pergaulan yang buruk merusak kebiasaan-kebiasaan baik yang sudah kita miliki dan lakukan sekian tahun lamanya. Banyak anak muda yang tanpa disadari membiarkan diri dan hidupnya dirusak oleh pergaulan. Awalnya mungkin karena nggak berani bilang, “tidak”. Nggak berani menolak ajakan untuk menyentuh rokok, narkoba, nge-dugem, nyontek dan lain sebagainya. Lama-kelamaan perilaku buruk itu jadi ‘kenikmatan-kenikmatan’, yang bahkan sulit untuk ditinggalkan. Siapa yang paling dirugikan? Tentu saja diri sendiri. So, mulailah hidup dengan kebiasaan-kebiasaan baik! (RJW – Renungan Harian Remaja 1 Petrus 4: 1-11)


Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *