Renungan-Harian-25-Februari-2019
Renungan Harian 1 Tesalonika 5: 15
25 Februari 2019
7a-Matius-11-2-19-Yohanes-Pembaptis
Bahan Cerita Sekolah Minggu Matius 11:2-19 | Yohanes Pembaptis
26 Februari 2019
Show all

Renungan Harian Matius 6: 1

Renungan-Harian-26-Februari-2019


Renungan Harian Matius 6: 1. Segala sesuatu tidak harus diberitahukan kepada semua orang. Ada hal-hal yang perlu untuk orang lain ketahui agar itu membangun mereka, tetapi ada juga hal yang tidak perlu orang lain ketahui. Seperti yang Yesus katakan dalam Mat. 6:1-4: “Ingatlah, janganlah kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga. Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafk di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

APAKAH ARTINYA?

Melakukan hal yang baik itu sangatlah baik. Alkitab memuat begitu banyak nasihat kepada kita untuk memberi kepada orang yang miskin, melayani sama, dll. Tetapi mengumumkan perbuatan baik kita itu bukanlah sesuatu yang baik. Itulah yang dilakukan para pemimpin agama yang munafk di zaman Tuhan Yesus. Orang Farisi, Ahli Taurat dan pemuka agama lainnya sering memamerkan tindakan agamawi mereka dan tindakan sedekah mereka. Mereka ingin dipandang baik oleh orang-orang yang melihatnya. Yesus tidak ingin kita melakukannya. Yesus mengatakan jika kita melakukannya maka kita lebih memperhatikan penerimaan manusia daripada penerimaan Allah, pujian yang kita dapat dari manusia merupakan upah yang kita terima. Yesus ingin kita memberi dengan tersembunyi. Tidak perlu membuat seluruh dunia tahu apa yang kita berikan bagi orang-orang yang membutuhkan. Jangan mencari penerimaan manusia, tetapi biarlah hidup kita berkenan di hadapan Allah. Ketika kita memberi dengan tersembunyi, mungkin kita tidak mendapatkan pujian dari manusia, tetapi Allah menyaksikan perbuatan kita, karena Allah kita maha tahu!

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Lakukanlah sesuatu secara tersembunyi bagi sesama kita yang membutuhkan hari ini!

Baca juga: Renungan Harian Matius 7: 12 | The BOSS



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *