renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Matius 1: 21

Renungan Harian Matius 1: 21. Tahukah Anda apa arti dari nama Anda? Pernahkah Anda bertanya kepada orangtua mengenai arti dari nama Anda? Pastinya setiap nama memiliki arti tersendiri. Nama merupakan sesuatu yang penting pada zaman Alkitab. Pada masa itu, orang-orang biasanya menamakan anak mereka untuk memperingati peristiwa besar dalam kehidupan mereka atau memuji Allah atas sesuatu. Ketika istri Ishak, Rebeka, melahirkan bayi kembar, ia menamakan yang bungsu dengan nama Yakub (yang berarti “tangannya memegang tumit”) sebab Yakub memegang tumit kakaknya (Esau) saat dilahirkan (Kej. 25:26). Ketika anak perempuan Firaun menemukan seorang bayi Ibrani yang mengapung pada sebuah keranjang di sungai Nil, ia menamakannya Musa, yang berarti “ditarik dari air” (Kel. 2:10). Dan ketika Allah memberikan kepada Hana seorang anak laki-laki setelah ia mandul selama bertahun-tahun, ia menamainya Samuel, yang berarti “meminta dari Tuhan”, untuk memuliakan Tuhan (1 Sam. 1:20). Lalu ketika Malaikat Gabriel datang mengunjungi Maria dan memberitahukan tentang kelahiran Yesus, Maria mengetahui bahwa sesuatu yang luar biasa akan terjadi. Yesus, yang adalah Yeshua, yang berarti “Allah menyelamatkan”.

APAKAH ARTINYA?

Yesus memiliki banyak sebutan (nama) di Alkitab. Ia disebut sebagai Anak Manusia, Anak Daud, Anak Allah, Anak Domba Allah, Tuhan, Mesias, Penyelamat, Raja Damai, Gembala yang baik, Firman yang menjadi manusia, Alfa dan Omega, Raja segala raja dan Tuhan segala tuhan, dan masih banyak lagi.

Setiap sebutan (nama) memiliki arti tersendiri. Semua ini membuktikan bahwa tidak ada yang seperti Yesus di dunia ini. Itulah sebabnya, Rasul Paulus dalam Filipi 2:9-11 menuliskan: “Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa! Nama Yesus layak menerima segala pujian dari kita!

BACA JUGA:  Renungan Harian Roma 6: 18 | Kebebasan Sejati

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Tanyakan kepada orang tua Anda apa arti dari nama Anda dan Mengapa nama itu diberikan kepada Anda!

TAHUKAH ANDA?

Yesus seringkali disebut sebagai Yesus Kristus. Kata “Kristus” bukanlah nama belakang Yesus. Itu adalah sebuah titel (jabatan) yang menggambarkan mengenai siapa itu Yesus. Kristus dalam Bahasa Yunani artinya “yang diurapi”, dan ini setara dengan kata Ibrani yang digunakan untuk kata “Mesias”. Jadi ketika kita menyebutkan Yesus Kristus, itu berarti kita sedang mengakui bahwa Yesus adalah “yang diurapi Allah untuk menjadi penyelamat dunia”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *