Kumpulan-Renungan-Harian-Anak-Sekolah-Minggu
Renungan Anak 1 Tawarikh 17: 16-20 (Keluarga yang Diberkati)
13 Januari 2020
Kumpulan-Renungan-Harian-Anak-Sekolah-Minggu
Renungan Anak Amsal 3: 1-8 (Hadiah Ulang Tahun)
14 Januari 2020
Show all

Renungan Harian Kisah Para Rasul 11: 26

Renungan-Harian-14-Januari-2020

Renungan-Harian-14-Januari-2020

Mari kita mulai renungan hari ini dengan tanya-jawab.

Berapa kali kata “Kristen” digunakan dalam Alkitab?

  1. 3X
  2. 50X
  3. 115X
  4. 522X
  5. 1.040X

Jika Anda menebak 3X, Anda benar! Ironis memang, buku yang orang Kristen sayangi dan taati menyebut kata “Kristen” hanya sebanyak tiga kali.

Kekristenan sering dibahas tetapi banyak kali disalah artikan. Hampir sepertiga populasi dunia mengaku Kristen. Tetapi dalam Matius 7: 14, Yesus berkata, “karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya.”

Setelah membahas keselamatan dan gereja dalam beberapa saat teduh terakhir, perhatian kita sekarang meluas untuk mempertimbangkan konsep Kekristenan: Apa artinya menjadi seorang Kristen, dan bagaimana caranya menjadi orang Kristen? Ini adalah pertanyaan mendasar yang sangat penting.

Apakah artinya?

Kata “Kristen” mudahnya diartikan sebagai “pengikut Kristus.” Seperti ayat hari ini, orang-orang percaya awalnya disebut Kristen di Antiokhia, ibu kota dari Suriah kuno, pada pertengahan abad pertama Masehi.

Setelah bertahun-tahun, Kristen memiliki banyak makna bagi banyak orang. Sekarang ini, istilah tersebut banyak digunakan dengan bebas. Banyak orang berpikir mereka orang Kristen hanya karena mereka bertumbuh dalam keluarga religius, atau hidup dalam kehidupan moral yang baik.

Tetapi semua hal tersebut tidak membuat siapapun menjadi seorang Kristen. Untuk sungguh-sungguh menjadi seorang Kristen, Anda harus mengikut Kristus dengan hati dan seluruh kehidupan Anda, percaya pada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Ini termasuk melakukan hal-hal berikut:

Dengan rendah hati menyadari bahwa dosa-dosa Anda menjauhkan Anda dari Allah yang kudus dan bahwa Anda layak dihukum (Roma 6:23)

Bertobat dari dosa-dosa Anda (Markus 1:15)

Percaya bahwa hidup-tanpa-dosa Yesus, kematian pengorbanan-Nya sebagai ganti Anda, dan kebangkitan mulia-Nya menyediakan satu-satunya jalan menuju pengampunan Allah dan hubungan yang baik dengan-Nya (Roma 3:24-25)

Menyingkirkan keinginan egosentris dan penuh dosa, lalu memilih untuk hidup dengan cara yang memuliakan Allah (Matius 16:24-25)

Penting juga untuk memahami bahwa menjadi orang Kristen bukanlah masalah usaha manusia ataupun pencapaiannya. Walau iman dan pertobatan dibutuhkan dari sisi kita, tetapi keselamatan semata-mata hanyalah karena anugerah Tuhan (Efesus 2:8-9). Dia dengan penuh kasih menawarkan keseluruhan proses dan melihat penyelesaiannya melalui Roh.

Inilah artinya menjadi seorang Kristen.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Renungkan empat poin di atas untuk memastikan Anda memahami Kekris­tenan sejati.

Tahukah anda?

Tiga kali kata “Kristen” tercatat di Alkitab adalah di Kisah Para Rasul 11:26, Kisah Para Rasul 26:28, dan 1 Petrus 4:16.

Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: