renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Ibrani 10: 24-25

Setiap hari Minggu, ribuan orang Kristen di seluruh dunia berkumpul bersama di lokasi yang berbeda untuk menghadiri ibadah. Mereka berdoa, menyanyikan lagu pujian, mendengarkan pemberitaan Firman Tuhan, membaptis orang yang baru menerima Yesus, melakukan Perjamuan Kudus bersama, dan lain-lain.

Mengapa?

Selama beberapa hari kemarin, kita sudah mempelajari apa itu gereja. Gereja merupakan komunitas orang percaya sedunia yang mengikut Yesus–disebut orang Kristen. Tetapi mengapa orang Kristen pergi ke gereja setiap hari Minggu? Apakah hanya merupakan tradisi? Apakah untuk mendapat perkenanan Tuhan? Atau karena tidak ada kegiatan lain yang lebih baik yang dapat dilakukan hari Minggu?

Bukan, bukan, dan bukan! Jawabannya sangatlah berbeda.

Apakah artinya?

Mungkin Anda pergi ke gereja karena dibawa orangtua Anda. Itu bagus! Mereka mentaati perintah Firman Tuhan untuk mendidikmu di dalam ketuhanan (Amsal 22:6). Dan tidak ada tempat yang lebih baik daripada Rumah Allah (Mazmur 84:10).

Tetapi saat kamu beranjak dewasa dan mulai membuat keputusanmu sendiri, pertimbangkanlah beberapa alasan ini, jika kamu orang Kristen, mengapa kamu harus pergi ke gereja:

Untuk mentaati Firman Tuhan — Seperti yang ayat hari ini katakan, Orang Kristen harus bertemu secara teratur “supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik” sambil menunggu kedatangan Yesus yang kedua.

Untuk memuliakan Allah — Berkumpul bersama dengan orang percaya lain adalah salah satu cara (tetapi tentu bukan satu-satunya cara) untuk memenuhi panggilan untuk memuji Pencipta kita (Mazmur 122:1-4).

Untuk menjadi semakin serupa Kristus — bergabung bersama orang Kristen lain dalam doa, penyembahan, kebersamaan, dan pendengaran akan Firman Tuhan membantu kita mencapai “kedewasaan penuh sesuai dengan kepenuhan Kristus” (Efesus 4:13).

BACA JUGA:  Renungan Harian Kisah Para Rasul 4: 12

Untuk menghindari pengajaran sesat — Ada banyak pengajaran sesat di luar sana mengenai Allah, Yesus, dan Alkitab. Menghadiri gereja yang kuat dan berpusat pada Firman Tuhan membantu orang Kristen terhindar dari rupa-rupa pengajaran yang menyesatkan (Efesus 4:14).

Untuk memberitakan Kabar Baik pada dunia — Orang Kristen merepresentasikan kasih Yesus dalam perkataan dan perbuatan (Matius 28:19-20). Gereja yang berpusat pada Injil menawarkan program-program yang membantu orang percaya melakukan hal ini.

Pergi ke gereja untuk memuji Penyelamat Agung kita bukan hanya sebuah kewajiban untuk setiap orang Kristen, melainkan juga sebuah kehormatan dan berkat!

Lalu apa yang harus dilakukan?

Tanyalah pada orangtua Anda bagaimana Anda dapat berpartisipasi lebih lagi di gereja sehingga Anda bertumbuh dalam iman dan kasih pada sesama.

Tahukah anda?

Tradisi pergi ke gereja pada hari Minggu dimulai pada buku Kisah Para Rasul, ketika orang Kristen mulai berkumpul pada hari Minggu yang mereka sebut sebagai “Hari Tuhan” (Wahyu 1:10), karena itulah hari di mana Yesus bangkit dari kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *