Renungan Harian Amsal 5: 1-23 | Seks, Uang, Dan Kuasa Potensi Dosa

Renungan-Harian-Amsal-4-1-27-Hati-Sebagai-Pusat-Pengendalian-Sikap
Renungan Harian Amsal 4: 1-27 | Hati Sebagai Pusat Pengendalian Sikap
17 Mei 2018
Renungan-Harian-Amsal-6-1-19-Tujuh-Dosa-Bukan-Daftar-Dosa-Yang-Menyeluruh
Renungan Harian Amsal 6: 1-19 | Tujuh Dosa Bukan Daftar Dosa Yang Menyeluruh
19 Mei 2018
Show all

Renungan Harian Amsal 5: 1-23 | Seks, Uang, Dan Kuasa Potensi Dosa

Renungan-Harian-Amsal-5-1-23-Seks,-Uang,-Dan-Kuasa-Potensi-Dosa


Renungan Harian Amsal 5: 1-23. Julukan apa saja yang Amsal berikan kepada perzinahan? (ay. 5); (ay. 9); (ay. 11-14); (ay.22); dan (ay.23). Bagaimana jalan keluar yang Amsal berikan terhadap kuasa perzinahan? (ay. 15-19) dan (ay. 21)

Seks, Uang, Dan Kuasa Potensi Dosa

Seks, uang, dan kuasa itu bukanlah dosa tetapi ketiganya memiliki kesanggupan atau potensi yang luar biasa untuk mengobarkan nafsu dalam diri manusia. Inilah yang menjerumuskan kita ke dalam perangkap dosa. Bak singa jantan, nafsu adalah kekuatan yang bersemayam dalam diri kita; seks, uang dan kekuasaan adalah tongkat-tongkat yang mampu membangunkan dan membuatnya mengamuk tanpa batas.

Amsal 5 adalah peringatan bagi kita yang tengah tergoda untuk berzinah atau telah jatuh ke dalam dosa zinah. Perhatikan julukan yang Alkitab kenakan pada perzinahan: kematian (ayat 5), kekejaman (ayat 9), penyesalan (ayat 11-14), perangkap (ayat 22), dan kebodohan (ayat 23). Betapa berbedanya realitas dengan fantasi! Selingkuh bukan sembarang selingan; selingkuh adalah selingan yang membelokkan hidup kita ke jurang aut! Firman Tuhan memberikan dua antidot untuk melawan ajakan berzinah: pertama, nikmatilah pasangan sendiri (ayat 15-19).

Jangan biarkan pikiran kita menerawang jauh ke rumah orang lain. Fokuskan pandangan kita hanya pada pasangan sendiri. Kembangkanlah relasi nikah kita sehingga kita terpuaskan olehnya. Kedua, sadarlah bahwa Tuhan mengawasi perbuatan kita. Tidak ada satu perbuatan pun yang luput dari tatapan-Nya (ayat 21). Jangan mengelabui diri dan berkata bahwa Tuhan tidak melihat. Ia melihat dan akan membuat perhitungan.

Ibarat obat bius, perzinahan mematikan indera, membuat kita kehilangan kesadaran akan Tuhan dan orang yang mengasihi kita. Jika Anda terikat dengan hal ini datanglah kepada Hamba Tuhan, sebagai alatnya Tuhan, untuk menolong Anda.

Baca juga: Renungan Harian Remaja Wahyu 12: 1-4a | Pelanggaran Seksual



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *