Renungan-Harian-Amsal-10-6-14-Hati-hati-Dengan-Hatimu-Biang-Kompromi

Renungan Harian Amsal 10: 6-14 | Hati-hati Dengan Hatimu, Biang Kompromi!

Renungan Harian Amsal 10: 6-14. Apa saja yang menyebabkan seseorang bisa kompromi? Apa nasihat untuk teguh dalam Tuhan?

Hati-hati Dengan Hatimu, Biang Kompromi!

Ay. 6-14 membicarakan masalah keselarasan hati dan kata-kata. Hati adalah pusat kehidupan. Bila orang memiliki hati yang benar, seharusnya kata-kata dan perbuatannya pun mendatangkan kebaikan bagi sesama dan berkenan bagi Tuhan. Sebaliknya kebodohan dan kelicikan dalam kata dan tindakan, lahir dari hati yang jahat. Akibat dari tindakan dan perkataan yang jahat biasanya bukan hanya merugikan orang lain, tetapi juga membinasakan diri sendiri (14).

Amsal mengingatkan kita bahwa di dalam segala hal, kita harus menghindarkan hati dari motivasi yang salah. Dari batin yang tidak benar akan lahir sikap, perilaku, dan perkataan yang tidak benar pula. Itu akan menyebabkan seseorang berkompromi dan kerugian bagi banyak pihak. Orang berkompromi akan melakukan apa saja (“berliku-liku jalannya…” ayat 9) tidak peduli: apakah dengan cara “kedipan” – “kong ka likong” atau dengan mulut – berbicara untuk menutupi kejahatannya.

Isilah hati ini dengan keyakinan: Berkat ada di atas kepala orang benar (ayat 6), orang benar lebih punya pengaruh panjang (ayat 7), fokus pada kebenaran (ayat 8), dan tiak kompromi adalah jalan paling aman (ayat 9).

Hafalkan Amsal 10:9
Berdoa dan Mintalah pada Tuhan agar Anda selalu bersih dan tidak kompromi.

BACA JUGA:  Renungan Harian Yesaya 26: 3-4 | Damai Yang Sempurna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *