renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian 2 Kor 5: 21

Jika anda adalah seorang pembalap mobil atau mungkin anda memang menginginkannya, mungkin setiap hari anda akan membuat orang tua anda memiliki mimpi buruk. Semoga saja ketika anda menjadi pembalap tidak ada sesuatu yang buruk terjadi. Tapi bilamana jika suatu hari nanti anda sadar ternyata mobil kesayangan anda sudah menjadi sebuah barang rongsokan. Apakah yang akan anda lakukan? Menjualnya? Menghancurkannya? Atau anda akan tukar tambah dengan mobil yang baru?

Jangan berekspektasi terlalu banyak dalam menjualnya. Anda tidak dapat menukar sebuah barang rongsokan dengan sebuah benda yang sangat berharga.

Tapi bagaimana jika bisa? Bayangkan jika anda dapat menukar mobil lama anda contohnya seperti mobil Toyota keluaran 1990 ditukar dengan mobil Lamborgini, atau Alphard terbaru, atau mungkin Ferarri yang paling baru?

Iya, ini adalah pembicaraan yang konyol. Anda tidak dapat menukar sebuah sampah untuk anda menjadi kaya dan sebuah rongsokan untuk sebuah kemuliaan bukan?

Salah. Anda dapat melakukannya melalui Yesus Kristus. Ini namanya adalah doktrin memperhitungkan atau doktrin imputasi atau doctrine of imputation.

Apakah artinya?

Doktrin imputasi ini sangat misterius dan juga luar biasa. Ketika kita percaya pada Yesus, Allah memperhitungkan dosa kita kepada Anak-Nya dan memperhitungkan kebenaran Yesus pada kita. Dengan kata lain, Allah memilih untuk melihat dosa kita sebagai milik Kristus, dan memilih untuk melihat kebenaran Kristus sebagai milik kita! Ini tidak berarti bahwa Yesus berdosa atau Allah Bapa berpikir bahwa Yesus berdosa. Tidak, sebagai Anak Allah. Yesus benar-benar sangat murni.

Ini adalah sebuah kesepakatan yang sangat indah di dalam hidup kita! Yesus menanggung “sampah” dosa kita dan hukumannya, sedangkan kita mendapatkan “harta” kebenaran dan keselamatan.

BACA JUGA:  Renungan Harian Roma 5: 12-21 | Selalu Diuji

Kedengarannya hampir terlalu bagus untuk menjadi kenyataan! Tapi sebenarnya tidak. Ayat Alkitab seperti Gal 3:13; 1 Pet 2:24; dan ayat hari ini sangat jelas mengajarkan kebenaran yang luar biasa ini. Ini semua karena Tuhan dan rahmat-Nya.

Ferarri, Alphard, Lamborgini! Melalui imputasi, Yesus menukarkan dengan hal yang jauh lebih indah.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Baca dan pikirkan tentang tiga ayat imputasi yang disebutkan di atas dan pujilah Tuhan!

Tahukah anda?

Berbicara tentang imputasi atau perhitungan, apakah anda tahu bagaimana kita bisa terjebak dalam masalah dosa yang sangat besar dan rumit ini? Ternyata dosa Adam diperhitungkan kepada seluruh umat manusia (Roma 5:18-19)

Leave a Reply

Your email address will not be published.