renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian 1 Korintus 11: 26

Renungan Harian 1 Korintus 11: 26. Pada malam sebelum kematian-Nya, Yesus mengadakan jamuan paskah bersama kedua belas muridnya di sebuah ruangan di Yerusalem. Paskah adalah sebuah perayaan tahunan bagi orang Yahudi dalam memperingati pembebasan bangsa Israel dari perbudakan Mesir dengan tangan Tuhan. Tetapi, ketika sedang makan, Yesus memberikan kejutan untuk para murid. Pertama, Dia membagi-bagikan potongan roti kepada murid-murid-Nya dan berkata “Ambil dan makanlah, inilah tubuh-Ku.” (Matius 26:26) Kemudian, Ia mengambil sebuah cawan berisi anggur dan membagikannya sambil berkata “Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. (Matius 26:27-28)

APAKAH ARTINYA?

Sakramen adalah sebuah perayaan keagamaan yang menyimbolkan kebenaran rohani didalamnya. Yesus memerintahkan semua orang Kristen untuk melakukan dua sakramen, Perjamuan kudus dan baptisan. Yesus memerintahkan setiap orang yang percaya untuk dibaptis (Matius 28:19). Sedangkan perintahnya mengenai Perjamuan Kudus dapat ditemukan di dalam Lukas 22:19-20 dan 1 Korintus 11:23-26.

Baptisan dan Perjamuan Kudus, biasanya dilakukan hanya untuk orang yang sudah percaya kepada Yesus. Baptisan cukup dilakukan satu kali, tapi Perjamuan Kudus perlu dilakukan secara rutin. Tidak ada satupun dari sakramen ini yang dapat menyelamatkan kita dari dosa. Hanya Yesus yang dapat menyelamatkan kita. Sakramen hanyalah upacara yang secara lahiriah menyatakan keselamatan kita. Makna baptisan adalah ketika seseorang dicelupkan kedalam air lalu diangkat kembali merepresentasikan Yesus mati, dikubur, dan bangkit lagi. Ini adalah pernyataan publik yang berkata “Saya percaya pada Yesus yang mati lalu bangkit lagi demi saya dan saya harus hidup bagi Yesus”.

BACA JUGA:  Renungan Harian Matius 3: 11

Perjamuan Kudus adalah sebuah pengingat dan deklarasi bahwa Yesus telah melakukan pegurbanan terbesar demi kita. Selain itu juga kita sedang mencicipi “perjamuan kawin Anak Domba” (Wahyu 19:7) yang Yesus janjikan di dalam Matius 26:29

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Jika, anda sudah percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat tetapi anda belum dibaptis dan mengikuti Perjamuan Kudus, doakan dan lakukanlah sebagai tanda ketaatan. (Renungan Harian 1 Korintus 11: 26)

baca juga: Renungan Anak Matius 6: 9-15 | Yesus, Sang Pengampun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *