renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 27 Des 2021: Amsal 15: 13a, 17: 22a (Dimiskinkan Penyakit)

Renungan Amsal 15: 13a, 17: 22a (Dimiskinkan Penyakit). Majalah Forbes mengungkapkan berbagai penyakit dengan biaya termahal di AS.  2 di antaranya adalah penyakit mental (Alzheimer, Parkinson, Skizoprenia, depresi).  Biaya pengobatan-nya mencapai USS 142,2 miliar.  Penyakit jantung lainnya.  Biaya pengobatannya mencapai USS USS 123,1 miliar.  Karena mahal, dengan tertawa, mood dirangsang, fungsi otak diperbaiki, jantung dilindungi, sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi diperlancar.  Dengan tertawa, tekanan darah tinggi.  struk, artritis, maag, serangan jantung dilawan.

Dimiskinkan Penyakit

Karena tertawa sangat penting, sampai-sampai, Raja Salomo berpendapat seperti ayat di atas.  Dalam pendapatnya, ia menyatakan 2 efek berbeda karena kegembiraan.  Pertama, “membuat muka berseri-seri”, “mencerahkan wajah” (KSKK), “Wajah yang cerah cerah hati yang senang” (FAYH) (Ams. 15:13a).  Karena tertawa merupakan kegembiraan, tertawa mengharmoniskan 15 otot wajah yang menghambat proses pengerutan wajah dan melatih muka bergerak di atas rata-rata.  Kedua “adalah obat yang manjur”, “memberikan kesehatan kepada tubuh” (KSKK), “menyehatkan badan” (TMV) (Ams. 17:22a).  Tertawa mengeluarkan zat kimia positif, endorfin (zat pembunuh rasa sakit), serotin dan melatonin sehingga memunculkan perasaan tenang dan tenteram, mengurangi peredaran hormon efinefrin dan kortisol yang menahan proses penyembuhan penyakit serta mengaktifkan sistem endokrin sehingga menyembuhkan.

Sekarang pertimbangkan dengan matang!  Anda mencegah atau mengobati penyakit?  Namun, karena tertawa mudah dilakukan dan kaya manfaat, jangan menunda daripada diserang penyakit yang dapat memiskinkan.  (rvp)

 

BACA JUGA:  Renungan Harian Remaja Amsal 27: 5-6 | Menegur dan Ditegur

Leave a Reply

Your email address will not be published.