Kumpulan-Renungan-Pagi-Kristen-Hari-Ini

Renungan 24 Okt 2021: Keluaran 23: 29-33 (Tetaplah Bergerak Maju)

Renungan Keluaran 23: 29-33 (Tetaplah Bergerak Maju). Berikut sebuah tulisan yang pernah saya terima dari teman saya melalui e-mail; “Tetaplah bergerak maju, sekali pun lambat. Karena dalam keadaan tetap bergerak Anda menciptakan kemajuan.” Dalam hidup ini, kita sering merasa buntu hanya karena kita ingin mengambil langkah besar. Akibatnya, masalah yang kita hadapi terlihat besar dan tak terselesaikan. Hasilnya, kita hanya termenung dan tak bergerak. Sabar dan coba mundur sebentar. Perhatikan tantangan Anda! Tidakkah lebih mungkin Anda mengambil langkah-langkah pendek tetapi terus menerus, ketimbang menelan semua masalah sekaligus. Satu langkah kecil asal Anda tak berhenti itu cukup karena Anda masih punya hari esok.

Tetaplah Bergerak Maju

Pola di atas sebenarnya adalah pola kerja yang digunakan Allah di dalam menyatakan karya-Nya atas kehidupan setiap umat-Nya. Setuju atau tidak, tetapi itulah Allah, Dia menyukai proses ketimbang sesuatu yang instan. Pola ini bisa kita lihat dari peristiwa di mana Allah menggenapi janji-Nya atas bangsa Israel. Bukankah kepada bangsa Israel, Tuhan tidak menjanjikan kemenangan sekaligus atas setiap musuhnya? Sedikit demi sedikit, Tuhan akan menghalau musuh-musuhnya satu per satu. Sekali pun tampak lambat, di situlah Tuhan memproses hidup kita untuk menjadi pribadi yang tangguh.

 

Pesan bacaan ini (1) Allah menyukai dan menghargai proses, (2) proses mempengaruhi hasil akhir sehingga proses yang benar pasti hasilnya juga akan lebih baik.

 

Saat ini, sadarilah bahwa semakin banyak kemenangan yang ingin diraih, semakin banyak pula tantangan yang harus ditaklukkan. Itu tak mungkin dikalahkan sekaligus. Mari, ikuti proses yang benar supaya hasilnya memuaskan. (sam)

BACA JUGA:  Renungan 31 Mei 2022: Keluaran 12: 29-42 (Upah Yang Pantas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.