Renungan Harian Kolose 3: 18-25 (Etos Kerja Kristen). Tahukah Anda? Berdasarkan beberapa survei, alasan pertama karyawan berhenti dari tempat kerjanya adalah karena kelakuan atasannya. Atasan yang berperilaku kurang baik atau menjengkelkan akan menurunkan moral seluruh anak buahnya. Ada benarnya juga dengan pemeo, “karyawan meninggalkan atasannya, bukan perusahaannya”.

Etos Kerja Kristen

Lalu bagaimana sikap kita sebagai orang Kristen jika kebetulan mempunyai atasan yang perilakunya kurang berkenan di mata kita? Akankah kita mengambil sikap seperti orang kebanyakan untuk segera meninggalkannya? Mari merenungkan firman Tuhan seperti yang Paulus katakan dalam nats hari ini. Tuhan menghendaki kita untuk menaati atasan di tempat kita bekerja. Namun kita perlu mengingat bahwa dasar ketaatan kita bukanlah karena ingin mendapat pujian, melainkan kita melakukannya dengan tulus hati karena takut Tuhan. Inilah sesungguhnya keunggulan etos kerja Kristen di dunia. Firman Tuhan menunjukkan kepada kita agar kita tidak akan menjadi orang yang munafik di tempat kerja kita.

Bagaimana jika atasan tersebut adalah orang yang sangat menjengkelkan? Orang yang galak, kejam dan selalu menimpakan kesalahan kepada anak buahnya? Apakah kita akan menggunakan alasan ini untuk tidak lagi menaatinya? Jawaban firman Tuhan adalah TIDAK. Firman-Nya berkata, “Hai kamu, hamba-hamba, tunduklah dengan penuh ketakutan kepada tuanmu, bukan saja kepada yang baik dan peramah, tetapi juga kepada yang bengis” (1 Ptr. 2: 18).

Pernahkah kita memahami bahwa tidak kebetulan Tuhan menempatkan kita untuk bekerja di bawah orang yang menjengkelkan? Mungkin dengan cara demikian Tuhan mau membentuk iman kita. Jadi bekerjalah seperti yang Dia kehendaki. (sam)