Kumpulan-Renungan-Pagi-Kristen-Hari-Ini

Renungan 16 Okt 2021: Kejadian 4: 1-16 (Kain dan Habel)

Daftar Isi

Renungan Kejadian 4: 1-16 (Kain dan Habel). Kita pikir, kita cukup percaya diri tetapi ketika insecure menyusup dalam keseharian kita, emosi mulai mengusik. Itu bisa terjadi dalam pekerjaan, hubungan dengan saudara, bahkan penampilan. Uh, sepertinya mau mengamuk dan berteriak pada ketidakadilan. Mungkinkah mengusir rasa iri yang melirik ke arah kita dan mengganggu mood kita dalam keseharian itu? Mungkin, caranya (1) identifikasikan secara pasti masalah yang kita cemburui. (2) tanyakan diri kita, apakah dengan mendapatkan hal tersebut benar-benar akan membuat kita lebih lengkap dan utuh? (3) tetapkan apakah hal tersebut akan memungkinkan kita untuk menggapai.

Kain dan Habel

Iri hati memang sifat yang sangat lekat dengan kehidupan manusia. Meski begitu bukan berarti kita harus membiarkan rasa iri berkembang dalam hati, karena iri hati termasuk sifat negatif, yang kalau dibiarkan akan berdampak pada perbuatan dosa lainnya. Contohnya, Kain yang iri terhadap Habel, adiknya, lantaran persembahan yang Habel berikan berkenan kepada Allah. Sedangkan persembahannya tidak dikenan-Nya. Allah yang mengetahui kejengkelan dan kemarahan Kain, langsung menegurnya agar Kain tidak membiarkan perasaannya berkembang menjadi perbuatan dosa lainnya. Namun karena Kain tidak mengindahkan teguran itu, alhasil, perasaan negatif yang tidak mampu dikuasainya membuat Kain melenyapkan nyawa Habel.

 

Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan diperhadapkan pada situasi yang bisa membuat kita iri dengan orang lain. Untuk itu, sebelum bekerja, mintalah kekuatan dan perlindungan Allah supaya kita senantiasa bisa mengendalikan perasaan negatif dan mengubahnya menjadi energi positif, yang mendorong kita untuk melakukan segala sesuatu lebih baik. (cia)

BACA JUGA:  Renungan Harian Kejadian 25: 19-34 | Esau dan Yakub

Leave a Reply

Your email address will not be published.