Kumpulan-Renungan-Pagi-Kristen-Hari-Ini

Renungan 14 Okt 2021: Petrus 5: 1-11 (Abdi yang Mengabdi)

Daftar Isi

Renungan Petrus 5: 1-11 (Abdi yang Mengabdi). Masyarakat luar Yogyakarta, mungkin penasaran dengan figure abdi dalem. Mengapa mereka mau mengabdikan diri pada kraton dengan bayaran yang sangat kecil? Salah satu abdi dalem Keraton Yogyakarta, Ariyanto, menuturkan bahwa yang ia cari bukanlah “gaji” atau “upah”, melainkan ketenteraman hidup. Dengan menjadi abdi dalem berarti dengan Sultan dan Keraton sehingga selalu diayomi. Selain itu, dengan menjadi abdi dalem, pria 41 tahun itu juga merasa kehidupannya menjadi lebih baik, baik dalam bertingkah laku maupun perekonomian. Dengan rezeki yang diterimanya, Ariyanto juga lebih semeleh, merasa cukup dengan yang diterimanya.

Abdi yang Mengabdi

Senada dengan pengabdian abdi dalem kraton, sikap semacam itulah yang dikehendaki Allah atas setiap orang percaya, yakni pengabdian yang tulus. Pengabdian terkait erat dengan motivasi seseorang saat melayani Allah. Biasanya, ada 2 motivasi yang mendasari seorang percaya memutuskan untuk melayani Allah (1) mencari berkat-Nya alias hanya mencari keuntungan, (2) sebagai wujub kita mengasihi Allah sekaligus ucapan syukur kepada-Nya karena karunia Allah yang besar, yang dinyatakan melalui Yesus Kritus. Pada konteks ini, Allah mau kita melayani-Nya dengan motivasi seperti poin kedua. Ciri orang yang melayani Allah karena didasarkan kasi kepada-Nya pasti tidak akan mudah menyerah saat diperhadapkan dengan berbagai tantangan dalam pelayanan.

 

Bekerja, baik di perusahan maupun di rumah adalah bentuk melayani Allah. Jadi, jika kita sungguh-sungguh mengasihi Allah, pasti kita akan bekerja dengan sebaik-baiknya. Kita pasti tidak akan melakukan hal-hal yang menyakiti hati Allah, tetapi hal-hal yang memuliakan nama Allah di dalam bekerja. (sen)

BACA JUGA:  Renungan Harian Anak 1 Petrus 5: 2-6 | Penggembala Kawanan Domba Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *