renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 14 Nov 2021: Kejadian 4: 1-16 (Persembahan Terbaik)

Renungan Kejadian 4: 1-16 (Persembahan Terbaik). Masha sebenarnya sudah mati. Dalam film Masha and the Bear yang biasa ditayangkan sebenarnya untuk mengenang Masha. la adalah anak perempuan biasa. Sampai suatu hari datang sirkus keliling di daerahnya. Masha sangat senang dan meminta orang tuanya untuk pergi ke sirkus itu. Di sirkus, mereka melihat banyak pertunjukan. Entah mengapa Masha lepas dari pengawasan orangtuanya sehingga masuk kandang beruang, Singkat cerita Masha mati dimakan beruang. Orangtuanya sangat depresi. Dalam film itu, orangtuanya tidak ada karena mereka bunuh diri.

Persembahan Terbaik

Kalau mereka mati bunuh diri, tragedi pem- bunuhan manusia terjadi ketika Habel dibunuh Kain. Alasannya, persembahan Habel diterima Allah. Sedangkan, persembahan Kain tidak. Kalau persembahan Habel diterima sehingga Allah ber- kenan, ada 3 alasan yang perlu diperhatikan. Per- tama, sebelum mempersembahkan, Habel sudah mempersiapkan lebih dulu. Kedua, ketika mempersembahkan Habel, kualitas persembahannyasangat baik, la mempersembahkan anak domba yang sulung dan lemak-lemaknya (bagian yang paling baik; BIS).

Persembahan ini terjadi ketika “Setelah be- berapa waktu lamanya”. Maksudrya adalah “Pada musim panen pertama” (VMD). Menurut NETBible, maksudketeranganwaktuituadalah”asetperiodoftime leading up to offering sacrifices”. Setelah mengetahui, kalau musim panen merupakan waktu untuk mempersembahkan, kedua hal itu sudah dilakukan Habel sebelumnya sehingga Allah berkenan.

Karena itu, kalau uang Anda hendak dipersembahkan, pilihlah uang yang masih mulus kertas nya. Jangan uang yang lecek. Kalau uang lecek biasanya saya gunakan untuk membeli sesuatu. Tampaknya, persiapan tidak sekadar hati saat beribadah tetapi persembahan kita juga. (pam)

 

BACA JUGA:  Renungan Harian Kejadian 26: 1-11 | Krisis Iman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *