Kumpulan-Renungan-Malam-Kristen-Hari-Ini

Renungan 1 Nov 2021: Rut 4: 1-17 (Lihat Proses Bukan Hasil)

Renungan Keluaran 31: 2-5 (Bekerja Dengan Hati). Suatu hari ada karyawan swasta datang ke toko jus yang buka sampai hampir tengah malam.  la bertanya, “Wah, apa Anda tidak lelah jam segini masih juga buka? Tadi saya berangkat kerja pukul 07.00 sudah buka dan sekarang saya sudah pulang kok masih belum tutup juga?”  Tukang jus itu pun menjawab, “Rahasianya adalah saya bekerja untuk diri saya sendiri, sedangkan Anda bekerja untuk tuan Anda.”

Lihat Proses Bukan Hasil

Setuju atau tidak tetapi motivasi bekerja sangat menentukan semangat kerja kita.  Hal ini bisa kita lihat pada bacaan hari ini.  Orang pertama yang dipenuhi Roh Allah, Tuhan, raja atau semacamnya, melainkan Bezaleel.  Ia hanyalah pengrajin dan pekerja kasar.  Namun demikian, Allah mengaruniakannya keahlian untuk segala pekerjaan (ay.2).  Lalu, apakah yang membuat Allah memberikan Roh-Nya kepada Bezaleel?  Ternyata, Dia melihat Bezaleel bekerja dengan hati, motivasi, dan passion.

Apakah kita juga rindu Roh Allah hadir dalam diri kita sehingga kita bersemangat untuk bekerja?  Berikut caranya (1) bekerja dengan tekun.  Artinya, ada kesungguhan, gairah, semangat (passion) terhadap pekerjaan.  (2) lakukan inovasi.  Artinya, kita berani untuk keluar dari zona nyaman dan aman.  Karena kedua zona inilah yang akhirnya membuat kita jenuh bekerja.  Inovasi tidak harus selalu hal-hal yang besar tetapi dari hal-hal sederhana yang membuat kita tertantang.  (3) Apresiasi.  Artinya, tentukan tujuan dari pekerjaan supaya kita termotivasi untuk menjalaninya.

Jadi, mari kita bersujud pada Allah dan memohon penyertaan Roh-Nya agar kita bisa bekerja dengan hati.  Mari, senangi pekerjaan kita! (bee)

BACA JUGA:  Renungan Harian Remaja Rut 1: 16-18 | Kesetiaan Rut

Leave a Reply

Your email address will not be published.