Kids Salvation Camp - GKBJ Taman Kencana
Kids Salvation Camp (KSC) GKBJ Taman Kencana Angkatan Ke-3
2017
Kotbah-Kristen-Agent-of-Mission
Khotbah Kristen Yohanes 17:13-19 | Agent of Mission
2017
Show all

Persiapan Guru Sekolah Minggu

Persiapan-Guru-Sekolah-Minggu

Keberhasilan penyelenggaraan Kebaktian Anak sangat ditentukan oleh persiapan Guru Sekolah Minggu jauh sebelumnya. Menyelenggarakan kebaktian Anak bukanlah hal sepele, sebab GSM perlu memfasilitasi perjumpaan anak dengan Tuhan. Karena itu, persiapan yang matang sangat dibutuhkan. Berikut ini beberapa saran bagi GSM dalam rangka menyiapkan diri.

Waktu Persiapan

Idealnya persiapan tidak dilakukan secara mendadak dan setiap GSM terlibat dalam persiapan sekalipun ia tidak mengajar. Persiapan membutuhkan proses panjang. Semakin kita mendalami Firman Tuhan yang akan kita sampaikan, semakin baik kita menyampaikannya kepada Anak dan semakin mereka mengerti Firman Tuhan dengan baik.

Persiapan sebaiknya dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah persiapan bersama. Tahap berikutnya adalah persiapan pribadi masing-masing. Waktu persiapan mengajar dilakukan minimal seminggu sebelum pelaksanaan Ibadah Anak. Sebaiknya bahan/materi pelajaran di siapkan satu persatu sesuai jadwal, janganlah materi beberapa minggu disatukan, karena daya tangkap orang beda-beda.

Tentukanlah seseorang yang memimpin persiapan bersama itu. Tujuannya, supaya persiapan bersama menjadi terarah dan tidak kacau. Begitu pula dalam persiapan pribadi. Sediakan waktu yang cukup untuk GSM menggumuli Firman Tuhan di dalam kehidupannya, merancang alur cerita sebelum disampaikan kepada anak-anak.

Persiapan Bersama

Bacalah Teks Alkitab yang telah ditentukan. Dalam teks tersebut dengan membaca bagian “Penjelasan Bahan Alkitab.” Baca juga buku-buku yang berhubungan dengan teks Alkitab tersebut. Tanyakanlah kepada Pendeta/Pemimpin persiapan setempat jika ada bagian yang tidak Anda pahami. Temukan inti atau pesan teks Alkitab serta kaitannya dengan kehidupan kita sekarang, baik kehidupan GSM maupun kehidupan anak.

Manfaatkan bagian “Relevansi” untuk saling berbagi rekan-rekan GSM lain dengan menjawab pertanyaan yang ada. Dibawah bagian relevansi, ada beberapa pertanyaan reflektif untuk GSM. Pertanyaan ini menolong untuk para Guru mendalami dan menggumuli Firman Tuhan dalam kehidupannya secara pribadi sebelum mereka menyampaikannya kepada Anak-anak.

Pelajari alur cerita Alkitab yang telah ditentukan itu. Pelajari juga metode yang digunakan untuk menyampaikannya. Jika metode bercerita di buku ini dirasakan tidak tepat dengan kondisi kelas, carilah metode lainnya sesuai dengan kebutuhan. Demikian juga halnya dengan alat peraga dan aktivitas.

Persiapan Pribadi

Persiapan pribadi tidak kalah pentingnya dengan persiapan bersama. Berikutnya, metode persiapan pribadi yang bisa dilakukan GSM.

Senin

  • Bacalah teks Alkitab yang ditentukan
  • Gali dan temukan pesan Firman Tuhan dalam Teks itu

Selasa

  • Gumuli Firman Tuhan yang telah dibaca dalam kegiatan sehari-hari

Rabu

  • Gumuli Firman Tuhan yang telah dibaca dalam kegiatan sehari-hari
  • Baca kembali teks Alkitab tersebut. Pelajari Alur ceritanya.

Kamis

  • Gumuli Firman Tuhan yang telah dibaca dalam kegiatan sehari-hari
  • Siapkan contoh sesuai kelas dan metode bercerita yang akan digunakan.

Jumat

  • Gumuli Firman Tuhan yang telah dibaca dalam kegiatan sehari-hari
  • Siapkan bahan aktivitas anak, jika ada yang harus dibuat, digambar, dilipat, ditempel. Dll.

Sabtu

  • Gumuli Firman Tuhan yang telah dibaca dalam kegiatan sehari-hari
  • Periksa kembali kelengkapan bercerita maupun aktivitas anak.

Minggu

  • Sampaikan Firman Tuhan kepada Anak-Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *