Renungan-Harian-18-Februari-2019
Renungan Harian Matius 5: 8
18 Februari 2019
Renungan-Harian-Yohanes-7-14-24-Melakukan-yang-Dibenci
Renungan Harian Yohanes 7: 14-24 | Melakukan yang Dibenci
18 Februari 2019
Show all

Bahan Cerita Sekolah Minggu Ester 2: 1-23 | Ester menjadi Ratu

3a-Ester-2-1-23-Ester-menjadi-Ratu


Ringkasan Cerita Alkitab

Bahan Cerita Sekolah Minggu Ester 2: 1-23 | Ester menjadi Ratu. Raja Ahasyweros adalah raja Media – Persia yang besar dan berkuasa atas 127 daerah mulai dari India sampai ke Etiopia (1:1).  Suatu waktu Raja Ahasyweros mengadakan pesta bagi semua pembesar dan pegawainya.  Dalam pesta itu, Raja Ahasyweros memamerkan kekayaan dan kebesaran kerajaannya sampai 180 hari.  Setelah itu, Raja Ahasyweros masih menambah 7 hari lagi untuk berpesta dengan rakyatnya di benteng  Susan.  Air anggur disediakan dengan berlimpah ruah.  Sementara dikuasai air anggur itulah, Raja Ahasywerospun memerintahkan kepada 7 sida-sida untuk memanggil ratu Wasti untuk diperlihatkan kecantikannya kepada seluruh rakyatnya.  Tetapi ratu Wasti menolak menghadap seperti yang Raja perintahkan. Raja menjadi sangat marah.   Maka Raja memberi perintah untuk  melepaskan kedudukan ratu dari Ratu Wasti (1:19).

Setelah Raja Ahasyweros surut murkanya (2:1), maka Raja terkenang kepada Ratu.  Namun sekarang dia tidak memiliki Ratu.  Kedudukan ratu saat ini kosong.  Maka diusulkanlah agar Raja mencari di negerinya gadis terbaik pada pemandangan raja untuk  menjadi ratu ganti Wasti.  Raja pun setuju (2:2-4).

Maka dipilihlah gadis-gadis yang elok rupanya dari segenap daerah kerajaan Raja Ahasyweros dan dikumpulkan ke dalam benteng Susan (2:8).  Di antara gadis-gadis itu yang terpilih itu juga terpilihlah Ester, sepupu dari Mordekhai seorang Yahudi dari suku Benyamin.  Hadasa alias Ester sudah tidak beribu bapa lagi – dia adalah anak yatim piatu (2:5-7), karena itu Mordekhai mengangkatnya sebagai anak dan merawatnya.  Ester elok perawakannya dan cantik parasnya. Bagaimana Ester bisa ikut terpilih?  Sesungguhnya Tuhanlah yang membuat Ester terpilih.

Para gadis yang dikumpulkan itu dibawa masuk ke dalam istana raja di bawah pengawasan Hegai – sida-sida raja, penjaga para parempuan (2:8).  Ternyata Ester dipandang Hegai sangat baik dan membuat Hegai segera menyayanginya, sehingga Hegai segera memberikan wangi-wangian dan pelabur kepadanya.  Hegai juga menyediakan buat Ester 7 orang dayang-dayang yang terpilih dan bahkan Hegai menempatkan Ester ke bagian yang terbaik dari balai perempuan.   Bagaimana Ester bisa mendapatkan perhatian dan pelayanan yang terbaik pada masa (karantina) persiapan calon ratu ?  Sesungguhnya Tuhanlah yang membuat Ester jadi kesayangan Hegai.  Sementara itu, Ester tetap rendah hati dan memiliki penundukan diri kepada Mordekhai.  Ketika Ester terpilih menjadi calon ratu dan dibawa masuk ke dalam benteng Susan, Mordekhai melarangnya untuk memberitahukan kebangsaan dan asal usulnya.

Para gadis itu diberikan wangi-wangian selama 12 bulan [ Metode : Peragakan / Simulasi]  , lalu mereka secara giliran akan masuk menghadap Raja Ahasyweros.  Apapun yang diminta setiap gadis dari balai perempuan untuk dibawa masuk ke dalam istana raja harus diberikan.  Sampailah kepada giliran Ester.  Ketika akan menghadap Raja Ahasyweros, Ester tidak meminta apapun selain dari yang dianjurkan oleh Hegai.  [ Metode : Peragakan / Simulasi] Luar biasa bukan ? Ester pun bersedia untuk mengikuti anjuran dari Hegai, Ester bersedia menundukkan diri terhadap Hegai yang memberikan anjuran kepadanya.  Ester dapat menimbulkan kasih saying pada semua orang yang melihat dia.

Ketika Ester dibawa masuk menghadap Raja Ahasyweros, Raja Ahasyweros mengasihi Ester lebih daripada semua perempuan lain.  Maka Raja Ahasyweros mengenakan mahkota kerajaan ke atas kepala Ester dan mengangkatnya menjadi ratu ganti Wasti (2:17).  Raja Ahasyweros juga mengadakan perjamuan bagi semua pembesar dan pegawainya untuk merayakan Ester yang telah menjadi Ratu.

Bagaimana sampai Raja Ahasyweros lebih mengasihi Ester daripada semua perempuan lain dan yang membuatnya memilih serta mengangkat Ester sebagai ratu ?  Sesungguhnya Tuhanlah yang membuatnya.  Sesungguhnya  Tuhanlah yang memilih  Ester dan memberi kedudukan ratu kepada Ester.

 

Sesungguhnya Tuhanlah yang memilih dan memberi kedudukan kepada setiap orang. Tuhanlah yang memilihmu dan Tuhanlah yang memberi kedudukan kepadamu.

 

Aplikasi

Tuhan pilih kamu untuk kedudukan apa saat ini?
Dalam keluarga : jadi anak sulung, jadi anak bungsu, jadi cici / koko atau jadi adik.
Di sekolah : jadi ketua kelas dll.

 

Tuhanlah yang memilihmu dan Tuhanlah yang memberi kedudukan kepadamu. Tuhan pilih kamu untuk kedudukan apa di hari depan? Kamu percaya ? Kamu mau bersyukur ? Kamu mau terus bersandar pada Tuhan ?

 

Doa respon Firman Tuhan

Tuhan, saya percaya : Tuhanlah yang memilih saya dan yang memberikan kedudukan kepada saya. Terima kasih, Tuhan.  Dalam nama Tuhan Yesus, saya bersyukur. Amin.

 

Aktivitas :

Sharing kelompok tentang bagaimana pengalaman dan perasaan tentang kedudukan yang saat ini Tuhan berikan kepada anak.  Segala kemungkinan kedudukan di hari depan yang diharapkan anak dan yang Tuhan berikan kepada anak.



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan