renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Markus 9: 24

Renungan Harian Markus 9: 24. Seringkali, banyak Injil menceritakan kisah yang sama tentang Yesus tetapi memberikan perincian yang berbeda. Demikian halnya dengan kisah bocah laki-laki itu menderita kejang karena setan. Markus 9 menjelaskan lebih banyak daripada Matius 17 tentang interaksi antara Yesus dan ayah anak itu. Ketika anak itu jatuh ke tanah, mengguncang dengan keras dan berbusa di mulut, ayah anak itu berteriak kepada Yesus, “Kasihanilah kami dan bantu kami, jika Kau bisa” (Markus 9:22).

Mendengar itu, Yesus berhenti. “Apa maksudmu,” Jika Aku bisa ‘? “Dia bertanya. “Segala sesuatu mungkin terjadi jika seseorang percaya” (Markus 9:23, penekanan ditambahkan). Terlepas dari keputusasaannya akan mukjizat, sang ayah mengakui bahwa hatinya berjuang untuk iman. Jadi dia segera menjawab, “Saya percaya, tapi bantu saya mengatasi ketidakpercayaan saya!”

Dengan belas kasih dan kekuatan yang besar, Yesus mengusir setan itu dan memberi anak laki-laki itu – satu-satunya anaknya – telah diselamatkan.

APAKAH ARTINYA?

Catatan Markus tentang mukjizat ini adalah pengingat yang sangat membantu akan kebenaran yang luar biasa: Yesus sabar dengan iman yang bertumbuh. Alkitab penuh dengan kisah-kisah tentang para pahlawan yang dipenuhi iman, seperti Abraham, Musa, Gideon, dan David.

Tetapi jika Anda jujur, keyakinan Anda tidak selalu teguh, bukan? Kadang-kadang, iman dan kepercayaan Anda goyah. Pernahkah Anda mengalami hari seperti itu? Jika demikian, didorong oleh kisah hari ini. Ketika sang ayah meminta mukjizat kepada Yesus, dia berkata, “Jika kamu bisa,” bukan “Aku tahu kamu bisa.” Namun Yesus tidak menegur atau menolaknya. Dia dengan sabar membantu iman pria itu dan menyembuhkan putranya. Faktanya adalah, tidak ada pahlawan terbesar dalam Alkitab yang memiliki iman yang sempurna. Abraham pun tidak (Kejadian 17: 15-18). Demikian juga Musa (Keluaran 3: 1-4: 17), Gideon (Hakim 6), atau David (Mazmur 13: 1-4).

Iman diperlukan untuk menyenangkan Tuhan (Ibrani 11: 6), tetapi Tuhan tidak mengharapkan iman yang sempurna. Dia tahu bahwa kita lemah dan membutuhkan bantuan-Nya. Seperti Putra-Nya di bumi, Bapa surgawi kita dengan lembut membantu kita bertumbuh dalam iman kita melalui Roh Kudus. Percaya pada Yesus. Dia tahu Anda tidak akan selalu melakukannya dengan sempurna, tetapi lakukan dengan setia dan Dia akan menjawab Anda.

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Hafalkan Ibrani 11: 1 dan Ibrani 11: 6, dua ayat penting tentang iman.

TAHUKAH ANDA?

Yesus sebelumnya memberi muridmurid-Nya wewenang untuk mengusir setan (Matius 10: 1), tetapi mereka tampaknya tidak cukup berdoa atau memiliki iman untuk menaklukkan iblis yang lebih kuat ini (Markus 9:18, 29).

Baca juga: Khotbah Kristen Ayub 20 | Ketika hidup terasa tidak sesuai harapan

Leave a Reply