Renungan-Harian-Yakobus-4-17-Omission-Sin-Dosa-Pengabaian

Renungan Harian Yakobus 4:17 | Omission Sin (Dosa Pengabaian)

Daftar Isi

Renungan Harian Yakobus 4:17. Dosa apakah yang disebut dalam nats hari ini? Dosa (hamartia) berarti meleset dari sasaran Allah. Saat kita tidak melakukan yang dikehendaki dan dirancangkan Allah, itu berarti dosa. Kehendak atau rancangan Allah ini ada yang bersifat negatif (misalnya: jangan membunuh). Melakukan apa yang dilarang Tuhan disebut dosa pelanggaran (commision sin). Namun kehendak atau rancangan Allah ini ada pula yang bersifat positif (misalnya: mengampuni). Tidak melakukan apa yang diperintahkan Tuhan disebut dosa pengabaian (omission sin).

Terkadang kita hanya berfokus terhadap perintah negatif Tuhan saja, dan menganggap kalau kita tidak membunuh, mencuri, berzinah, bersaksi dusta, dst. berarti kita sudah lepas dari tindakan dosa. Firman Tuhan hari ini menunjukkan bahwa kita tidak boleh mengabaikan perintah positif Tuhan. Walaupun tidak melanggar larangan Tuhan, namun jika tidak melakukan perintah Tuhan (misal: menginjil, mengampuni, bermurah hati, beribadah) maka kita pun berdosa. Itulah yang ditegaskan Yakobus dalam nats hari ini.

Renungkan

Cobalah sebutkan sebanyak-banyaknya contoh dosa pengabaian!
Apakah Anda menyadari bahwa tidak melakukan perintah positif Tuhan adalah dosa? Pikirkanlah efek dari dosa pengabaian ini. (Renungan Harian Yakobus 4:17 – GKBJ)

BACA JUGA:  Renungan Remaja Yakobus 4: 11-17 | What is Sin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *