renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Roma 9: 18

Renungan Harian Roma 9: 18. “Sudah saya katakan…” Anda pasti mendengar perkataan semacam ini bukan? Ketika orangtua kita berkata “kan ibu/ayah sudah bilang…” mereka sedang berusaha untuk memberitahukan hal yang harus atau tidak boleh dilakukan tanpa penjelesan atau alasan. Kadang-kadang Tuhan melakukan hal seperti ini juga. Kadang-kadang di dalam Alkitab, Dia berkata “Inilah caranya… Sebab Aku berkata demikian”.

Doktrin pemilihan merupakan salah satu doktrin dari sekian banyak. Tapi dibalik kebenaran yang indah ini bahwa Allah telah memilih siapa saja untuk diselamatkan mengundang pertanyaan besar: Jika Tuhan telah menentukan dengan pasti siapa saja yang akan diselamatkan, apakah itu berarti Dia juga telah menentukan siapa saja yang akan dihukum? Sebagaimana ayat yang kita baca hari ini, jawabannya adalah iya. Dan Alkitab tidak memberikan penjelasan atau alasan

APAKAH ARTINYA?

Fakta bahwa beberapa orang telah ditetapkan oleh Allah untuk mengalami murka Allah disebut dengan doktrin reprobasi atau “pembiaran” dan ini cukup sulit untuk dimengerti. Pertama-tama ini mungkin kelihatan tidak adil, bahwa seakan-akan Tuhan memilih hanya untuk menyelamatkan sebagian orang saja. Ini mungkin akan membuat kita jadi bertanya: Apakah Tuhan memberikan mereka kesempatan untuk percaya? Ya.

Alkitab memang tidak secara gambling menjelaskan mengapa orang berdosa bertanggung jawab atas hal yang sudah ditetapkan, tapi Firman Tuhan dengan jelas mengajarkan bahwa manusia ikut bertanggung jawab kepada Tuhan jika mereka menolah Yesus dan memilih untuk hidup dalam dosa (Yoh 3:18-19; Roma 3:19; 6:23). Alkitab juga menegaskan bahwa Allah “ingin semua orang bertobat” (2 Ptr 3:9) dan Allah selalu adil dalam penilaiannya (Ulangan 32:4)

BACA JUGA:  Renungan Harian Roma 8: 14-21 | Lagu kasih Allah

Seluruh topik ini bermuara pada pertanyaan mendasar: apakah anda percaya bahwa Tuhan memiliki hak untuk melalukan apapun yang Dia suka? Ya, Dia memiliki hak itu. Sebagai pribadi yang kekal, maha tahu, maha kuasa, maha pencipta, Allah yang menentukan aturan. Dia memiliki hak untuk berbelas kasihan dan menyelamatkan orang, tetapi juga Dia memiliki hak untuk menghukum orang yang berdosa. Dan Dia tidak mempunyai kewajiban untuk menjelaskan itu semua kepada kita, sebab rencananya adalah rencana yang sempurna (Mazmur 18:30).

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Baca Roma 9, Rasul Paulus menjelaskan tentang doktrin pemilihan

APAKAH ANDA TAHU?

Reprobasi atau pembiaran ada di dalam Roma 9:17-22; 1 Pet 2:8; Yudas 1:4 (Renungan Harian Roma 9: 18)

baca juga: Renungan Remaja Filipi 3: 1-16 | Penurunan Kualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *