Renungan-Harian-Remaja-1-Korintus-8-1-13-Kebebasan
Renungan Harian Remaja 1 Korintus 8: 1-13 | Kebebasan
2018
Renungan-Harian-Remaja-Kolose-2-6-15-Selektif
Renungan Harian Remaja Kolose 2: 6-15 | Selektif
2018
Show all

Renungan Harian Remaja Matius 7: 1-5 | Ngaca Dulu

Renungan-Harian-Remaja-Matius-7-1-5-Ngaca-Dulu


Renungan Harian Remaja Matius 7:1-5. Saya punya teman lama yang senang banget merhatiin kekurangan atau kesalahan orang lain. Kalo udah nemuin adanya ketidakberesan dalam diri temannya, nah itu jadi peluang untuk beraksi. Mulai deh kritik sana, kritik sini. Memang senang juga ada perhatian dan siap sedia setiap waktu buat ngingetin seandainya ada yang perlu diperbaiki. Tapi sangat disayangkan, terkadang temen-temennya jadi kesel. Bukan kesel karena kebiasaan kritik dan protesnya, tapi pada cara dan gaya hidupnya. Hobby merhatiin dan nasehati orang tapi dirinya sendiri masih nggak bener bahkan cenderung jadi membuat orang syak.

Ngaca Dulu

Guys, firman Tuhan memang ngajarin kita untuk saling mengingatkan, menasehati, dan membangun. Cuman sebelum kita lakuin semua itu, ada satu hal penting, yang kudu kita perhatikan baik-baik. Ngaca dulu, jangan remehin hal ini, lho! Kebayang nggak apa yang terjadi ketika kita bilang ke teman kita, “Kamu kalo pake baju yang rapi dan bener donk”, eh waktu kita negur teman itu, dalam waktu yang sama kita sendiri pake baju bukan dekil doang, posisi kancing kemeja aja nggak beres. Masih untung kalo teman kita diam, seandainya dia nyerang balik, hayo kita mau ngomong apa? Maka dari itu Alkitab nulis begini, keluarin dulu balok yang ada di mata kita, supaya kita bisa melihat dengan jelas untuk kemudian keluarin selumbar di mata saudara kita. Maksudnya, benerin dulu apa yang salah dari hidup kita, supaya kita bisa menolong siapa saja yang hidupnya belum bener. Karna, kalo hidup kita bener, maka saat kita ingetin orang lain yang hidupnya nggak bener, maka siapa yang mau protes? Kecuali kalo orang itu emang bebal!

Mulai sekarang, yuk perhatiin hidup kita dengan bercermin pada fir Tu! Bila ternyata masih ada hal-hal yang nggak sesuai dengan firman-Nya, segera ambil tindakan untuk mengubahnya. Kalau semua sudah cocok dengan yang kita pelajari dari kitab suci, barulah kita lihat orang-orang yang ada di sekeliling kita. Berikan masukan pada mereka seusai kebutuhannya, maka hidup yang masih muda ini pasti akan menjadi berkat. (LIS – Renungan Harian Remaja Matius 7:1-5)


Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *