Renungan Harian Keluaran 17: 8-16 | Harun: Penopang Musa

Renungan-Harian-Keluaran-4-10-17-Harun-Juru-Bicara
Renungan Harian Keluaran 4: 10-17 | Harun: Juru Bicara
2018
Renungan-Harian-Keluaran-32-Harun-Tidak-Setegar-Musa-Berkompromi
Renungan Harian Keluaran 32 | Harun: Tidak Setegar Musa, Berkompromi!
2018
Show all

Renungan Harian Keluaran 17: 8-16 | Harun: Penopang Musa

Renungan-Harian-Keluaran-17-8-16-Harun-Penopang-Musa


Renungan Harian Keluaran 17: 8-16. Sebutkan faktor-faktor apa saja yang membuat pertempuran itu dimenangkan Israel? Apa peran Harun dalam pertempuran itu? Seberapa pentingkah peran Harun tersebut?

Harun: Penopang Musa

Israel sedang menghadapi perang melawan orang Amalek di Rafidim. Menurut seorang penafsir kemungkinan musuh Israel itu menutup mata air- mata air di Rafidim supaya pasukan Israel tidak berdaya dan mudah untuk dikalahkan. Namun Tuhan menolong mereka dengan cara yang ajaib dengan mengeluarkan air dari gunung batu di Horeb (ayat 6). Untuk memperoleh kemenangan dalam peperangan itu, Musa dan umat Israel melakukan beberapa hal. Musa berdoa dengan membawa tongkatnya sebagai lambang penyertaan Tuhan karena ia tahu hanya Tuhanlah yang dapat memberikan kemenangan.

Bukan hanya berdoa, Musa bertindak dengan menyuruh Yosua memimpin umat Israel maju dalam peperangan. Dalam berdoa, Musa tidak sendirian melainkan mendapat dukungan Harun dan Hur. Ketika Musa letih, mereka menopang kedua tangan Musa agar tetap terangkat kepada Tuhan untuk mendapatkan kekuatan dari Tuhan dalam peperangan itu. Dengan keperkasaan tangan Allah yang memakai ketaatan umat-Nya, mereka meraih kemenangan gemilang. Akhirnya segala kemuliaan dikembalikan kepada Tuhan dengan mencatatnya sebagai memori akan karya Tuhan yang akan diingat dari generasi ke generasi (ayat 14). Akhirnya kemenangan itu mereka rayakan dengan mendirikan mezbah yang dinamai “Tuhanlah Panji-panjiku” (ayat 15-16)

Kemenangan tersebut adalah hasil kerjasama dari Musa yang berdoa, Harun dan Hur yang menopang, dan Yosua yang bertempur. Tanda kaloborasi tersebut tidak ada kemenangan.

Dengan siapakah Anda akan berkolaborasi untuk mencapai sebuah tujuan Allah? Melakukan sendiri lebih banyak kalahnya daripada menang! (Renungan Harian Keluaran 17: 8-16 | Harun: Penopang Musa)


Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *