Renungan Harian Amsal 30: 1-14 | Standar Materi Atau Standar Allah?

Renungan-Harian-Amsal-29-25-Jerat-Atau-Perlindungan
Renungan Harian Amsal 29: 25 | Jerat Atau Perlindungan?
2018
Renungan-Harian-Amsal-30-18-33-Mengenal-Allah-Melalui-Ciptaan-Nya
Renungan Harian Amsal 30: 18-33 | Mengenal Allah Melalui Ciptaan-Nya
2018
Show all

Renungan Harian Amsal 30: 1-14 | Standar Materi Atau Standar Allah?

Renungan-Harian-Amsal-30-1-14-Standar-Materi-Atau-Standar-Allah


Renungan Harian Amsal 30: 1-14. Darimanakah kita memperoleh hikmat? Apakah yang seharusnya menjadi standar dalam kehidupan kita?

Standar Materi Atau Standar Allah?

Ajaran hikmat dari Agar mengajak kita untuk menempatkan diri pada posisi yang tepat di hadapan Allah, pencipta dan pemilik alam semesta ini. Kita hanyalah ciptaan-Nya yang terbatas dan fana. Oleh karena itu, penting sekali kita mengakui bahwa sumber hikmat hanya pada Allah dan upaya menambahinya adalah sikap arogan manusia yang hanya menghancurkan diri sendiri (ay. 5-6, 13).

Karena sikap seperti itulah yang membuat kita bisa memaklumi dua permintaan agar dijauhkan dari sumber-sumber godaan untuk menyangkali Tuhan. Biasanya kita cepat mengiyakan bahwa kekayaan yang berlebihan adalah godaan untuk melupakan Tuhan bahkan mempertuhankan kekayaan. Namun, mengapa kemiskinan pun memiliki potensi yang sama untuk merusak hubungan kita dengan Tuhan?

Karena pada dasarnya mengukur hidup ini dengan kaya atau miskin adalah mengenakan standar materi, bukan standar Tuhan. Saat kita, karena miskin merasa lebih rohani dari orang lain (kaya), bukankah kita sedang mengukur kerohanian kita dengan ukuran materi? Sebaliknya hidup bergantung penuh pada Tuhan, bersyukur untuk anugerah-Nya yang senantiasa cukup adalah sikap orang berhikmat. Dampak sikap hidup yang benar di hadapan Tuhan akan berwujud nyata dalam sikap hidup kita terhadap orang lain (ay. 11-14).

Standar manakah yang Anda gunakan dalam kehidupan Anda? Standar Allah atau standar manusia? (Renungan Harian Amsal 30: 1-14 | Standar Materi Atau Standar Allah?)


Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *