renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 8 Agst 2022: Amsal 16: 8 (Awal Kehancuran)

Daftar Isi

Renungan Harian Amsal 16: 8 (Awal Kehancuran). Film Titanic mungkin tak akan pernah terlupakan. Film romantis yang pernah menjadi film terlaris hingga 2010. Selain mengumbar romantisme, film ini juga memberi banyak pelajaran. Kapal Titanic saat itu merupakan kapal terbesar yang pernah dibuat manusia. Perancangnya pun begitu yakin jika kapal ini begitu besarnya hingga ia mengklaim kapal ini tidak akan pernah bisa tenggelam. Berbagai kelalaian pun dilakukan saat pelayaran pertama. Mulai dari sekoci yang tidak dipasang penuh hingga awak kapal yang tidak terlatih dalam evakuasi. Tak disangka, kapal ini tenggelam setelah menabrak bongkahan es di perairan Newfoundland, kemudian tenggelam pada pelayaran pertama.

Awal Kehancuran

Peristiwa tenggelamnya kapal Titanic pada pelayarannya yang pertama, membuktikan akan perkataan Salomo seperti dinyatakan dalam nats hari ini. Untuk itu kita harus waspada akan kedua sifat tersebut, congkak dan tinggi hati, khususnya ketika kita sedang berada di posisi atas. Mengapa? Karena tinggi hati membuat kita merasa diri sendiri paling baik, paling bisa, bahkan paling berkuasa, sehingga kita tidak sadar bahwa segala yang telah dicapai semata-mata berasal dari Tuhan. Kita menjadi tidak ingat bahwa sebaik apapun usaha manusia, Tuhanlah yang menentukan hasilnya. Amsal 21:31 berkata, “Kuda diperlengkapi untuk hari peperangan, tetapi kemenangan ada di tangan TUHAN.” Artinya tanpa campur tangan Tuhan, mustahil kita berhasil.

Di dunia ini tak ada yang kekal, kesombongan pun tak dapat bertahan selamanya. Maka, kita perlu menjaga hati dari hal ini, dengan cara memahami bahwa apa saja yang kita miliki dalam hidup ini adalah anugerah Tuhan semata. (sam)

 

BACA JUGA:  Renungan 7 Agst 2022: Amsal 10: 4 (Miskin dan Kaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published.